5 Makanan Terbaik Setelah Sesi HIIT

Setelah melakukan sesi HIIT yang berat, Anda perlu mengisi bahan bakar tubuh yang hilang dengan konsumsi makanan yang tinggi protein, serta kaya antioksidan untuk mempercepat pemulihan.

HIIT (High Intensity Interval Training) adalah solusi latihan yang efektif untuk Anda yang hanya punya sedikit waktu luang untuk berolahraga.

Studi menunjukkan bahwa HIIT – latihan singkat intensitas tinggi yang diikuti dengan istirahat singkat – telah dikaitkan dengan penurunan berat badan, peningkatan kebugaran aerobik dan anaerobik, serta penguatan otot.

Baca juga: Keuntungan latihan HIIT

Namun karena intensitasnya yang tinggi, penting bagi Anda untuk menyeimbangkannya dengan nutrisi yang tepat, terutama pasca latihan.

Dengan konsumsi makanan yang tepat 60-90 menit setelah latihan, cadangan energi tubuh akan kembali dan membantu pertumbuhan otot.

Berikut 5 makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi pasca sesi HIIT.

Telur

Salah satu sumber protein terbaik yang murah meriah adalah telur. Mengandung sembilan asam amino essensial, telur dapat membantu dalam proses pemulihan otot.

Diketahui kandungan protein telur sanga banyak, bahkan hingga 7 gram. Jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat.

Blueberry

Blueberry adalah buah kecil yang kaya serat, vitamin, dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi stres oksidatif pasca berolahraga dan menangkal radikal bebas.

Masukkan blueberry ke dalam menu Anda dengan menyajikannya bersama yoghurt, oatmeal, atau dimakan langsung.

Alpukat

Selain lezat, alpukat kaya akan magnesium yang baik untuk pemulihan otot. Juga kaya akan kalium yang membantu mengatur keseimbangan cairan dan mengendalikan aktivitas listrik jantung dan otot lainnya.

Buah yang kaya akan lemak sehat ini merupakan sumber asam folat, vitamin C, K, dan B-6 yang merupakan nutrisi anti-inflamasi yang mencegah peradangan dan stres akibat olahraga. Maka jangan lupa konsumsi buah ini setelah Anda latihan.

Sayuran hijau

Sama seperti blueberry, sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk pemulihan tubuh pasca olahraga. Sayuran hijau juga tinggi antioksidan yang mampu meminimalkan radikal bebas yang dilepaskan selama latihan HIIT.

Anda dapat memilih bayam, kubis, selada air, dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya untuk menu sehat Anda.

Whey protein

Memastikan tubuh mendapat cukup protein setelah latihan berat adalah penting, karena protein dapat membantu proses pemulihan otot menjadi lebih cepat.

Protein dari makanan memang baik untuk pemulihan otot, namun makanan perlu dicerna terlebih dahulu dan butuh waktu. Untuk itu Anda perlu mengonsumsi protein cepat serap, yakni whey protein.

Selain mudah disajikan, whey protein juga membuat Anda merasa kenyang sehingga energi yang terkuras setelah latihan dapat kembali.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *