5 Tips Percepat Pemulihan Pasca Latihan

Berlatih keras tanpa pemulihan adalah hal yang percuma, karena meski Anda telah mengangkat beban berkilo-kilo, otot tetap akan tumbuh saat Anda beristirahat atau tidak terlibat dalam aktivitas yang berat. Hal tersebut merupakan mekanisme alami tubuh.

Agar pertumbuhan otot berjalan cepat, Anda harus memaksimalkan pemulihan otot. Waktu istirahat yang cenderung sedikit dan tidak berkualitas akan membuatnya berjalan lambat. Lantas apa saja yang perlu Anda lakukan agar proses sembuhnya otot berjalan lebih cepat?

Berikut 5 tips pemulihan pasca latihan yang dapat Anda lakukan.

Konsumsi suplemen

Kebanyakan orang memilih tidak mengonsumsi suplemen saat membangun otot karena takut akan efek samping seperti konsumsi obat. Namun efeknya pertumbuhan otot mereka berjalan lebih lambat.

Perlu diketahui, suplemen berbeda dengan obat karena kandungannya merupakan nutrisi yang sama dengan makanan. Fungsinya adalah melengkapi nutrisi yang tidak kita cukupi hanya dengan konsumsi makanan, sehingga tetap aman dikonsumsi seperti halnya makanan sehari-hari.

Mengonsumsi suplemen sebelum, saat, dan setelah latihan, termasuk whey protein dan BCAA akan membantu mencegah kerusakan otot, serta membangun kembali jaringan otot menjadi lebih besar dan kuat. Ini karena kandungan asam amino untuk pemulihan tersedia lebih banyak.

Sauna atau detoksifikasi

Meski pemulihan berjalan ketika sedang beristirahat, namun jika melakukan latihan dengan intensitas tinggi, Anda perlu usaha ekstra untuk mempercepat recovery otot. Caranya adalah dengan sauna atau bisa juga mandi dengan menggunakan air dingin.

Melakukan kebiasaan sehat sebelum tidur

Hal yang sering kita anggap sepele adalah beberapa rutinitas sehat sebelum tidur. Untuk pemulihan yang maksimal, Anda butuh istirahat yang berkualitas termasuk saat tidur.

Melakukan kebiasaan sehat dapat meningkatkan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik, yakni dengan mematikan lampu sebelum tidur untuk meningkatkan hormon melatonin, menyalakan pendingin, dan berhenti menggunakan ponsel 2 jam sebelum Anda tidur.

Beri waktu otot untuk istirahat dari gym

Banyak orang berpikir bahwa semakin banyak berlatih, semakin banyak otot yang tumbuh. Nyatanya hal tersebut salah. Berlatih sepanjang waktu tanpa mengenal hari istirahat nyatanya dapat merusak otot Anda.

Jika Anda merasa tubuh Anda telah ada di titik stabil, ambilah waktu untuk cuti dan beristirahat sejenak dari pelatihan. Anda dapat memanjakan tubuh Anda untuk sementara waktu. Setelah kembali dari istirahat, kinerja tubuh akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Kembali membangun otot setelah beristirahat

Tidur cukup dan berkualitas

Sama seperti bayi, kita tumbuh saat fisik tertidur nyenyak. Untuk itu agar pemulihan berjalan lebih cepat, Anda butuh tidur yang cukup dan berkualitas. Tidurlah 7-8 jam setiap malam. Jika tidur malam dirasa tidak cukup, Anda dapat menggantinya dengan tidur siang dan konsumsi suplemen untuk meningkatkan kualitas tidur.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *