7 alasan konsumsi makanan sehat

ediitttttt 

Makanan sehat memang sangat penting dan sangat diperlukan guna menjaga stabilitas kesehatan tubuh sehari-hari. Kebiasaan unik namun menyehatkan inilah yang harus dipertahankan agar kondisi fisik maupun penampilan selalu tetap terjaga sehat dan bersemangat. Satu hal yang menjadi suatu pembelajaran agar diri Anda terbiasa dengan menu makanan sehat, ialah konsistensi dalam menjalankan suatu program diet serta pemahaman akan manfaat yang diperoleh tubuh. Berikut 7 alasan konsumsi makanan sehat setiap hari:

Menjaga kesehatan suara

Anda tentunya sangat membutuhkan makanan bergizi guna menjaga kualitas kesehatan suara menjadi lebih merdu. Diantaranya seperti diet meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, secara tidak mengonsumsi makanan yang berminyak. Makanan berminyak memang dipastikan mengandung  kolesterol yang cukup banyak, sehingga menyebabkan jumlah kalori menjadi meningkat dan kelebihan tersebut akan disimpan menjadi lemak. Tak hanya itu, makanan berminyak juga dapat menghambat produktivitas suara menjadi tidak baik. Ini disebabkan, lantaran sisa makanan berminyak tersebut akan menyangkut pada kerongkongan, sehingga membuat suara akan menjadi serak dan gatal.  Anda tidak akan mengalami keadaan demikian bila Anda mengonsumsi makanan bergizi setiap hari.

Menurunkan berat badan

Dari sekian banyaknya alasan orang menjalani program diet, diantaranya bertujuan untuk menurunkan berat badan menjadi seideal mungkin. Bahkan sering kali Anda jumpai, bahwa pola diet adalah dengan mengurangi kuantitas menu makanan setiap harinya. Inilah penafsiran pola diet yang cukup salah dan menyimpang, justru dengan pola seperti itulah yang membuat tubuh akan mudah terserang penyakit dan tidak bertenaga. Makanan diet berkualitas membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Anda secara mudah menjaga berat badan Anda dengan mengambil diet berkualitas setiap hari. Obesitas sangat berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Tak hanya kesehatan saja yang akan terancam, melainkan hal ini juga dapat membuat penampilan Anda terlihat kurang menawan. Siapa yang tidak sudi memiliki tubuh dengan berat badan ideal?

Mencegah penyakit

Mengonsumsi makanan bergizi sangat baik untuk mencegah penyakit. Ada begitu banyak penyakit berbahaya yang dapat mengakhiri kehidupan manusia. Diantaranya seperti kanker, diabetes, stroke, dan lain sebagainya. Anda dapat mengantisipasinya dengan mengonsumsi menu diet bergizi setiap hari. Anda juga dapat mengembangkan resistensi cukup terhadap penyakit berbahaya.

Meningkatkan energi

Menu diet bergizi memang banyak membantu dalam meningkatkan produktivitas energi disaat tubuh beraktifitas ataupun berlatih. Anda secara mudah mempertahankan kesehatan tubuh dengan mengonsumsi diet berkualitas secara teratur. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat namun rendah gula juga memiliki peran tambahan dalam menunjang aktifitas olahraga. Selain itu kemampuan tingkat energi Anda akan terus meningkat menjadi sumber tenaga ketika Anda perlukan disaat membakar lemak. Perlunya memasukan karbohidrat yang berserat tinggi namun tidak mengandung glikemik, sangat diakui dalam membentuk tubuh bertenaga tanpa disertainya lemak seperti yang dialami binaragawan pada umumnya. Memang terdengar agak sedikit janggal, jika Anda tidak memiliki tenaga disebabkan menu diet bergizi. Jika hal itu benar-benar terjadi, itu tandanya Anda belum terbiasa ataupun belum mendapatkan sumber tenaga yang benar-benar cocok dengan kebutuhan tubuh Anda.

Memperbaiki kondisi hati

Kondisi fungsi hati Anda jelas akan terjaga, jika terbiasa dengan pola makan yang sehat. Ada makanan khusus yang memperbaiki kondisi hati manusia, seperti diantaranya alpukat, jeruk, teh hijau, sayuran, kunyit dan masih banyak lainnya. Hati memiliki fungsi mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan menyaring darah dari racun yang masuk melalui saluran pencernaan, kulit maupun sistem pernafasan. Jika fungsional hati terlalu berat dalam bekerja menetralisir racun di dalam tubuh, maka secara tidak langsung imun tubuh pun akan menurun sehingga menyebabkan tubuh cepat terserang penyakit.

Meningkatkan kinerja otak

Mengonsumsi makanan bergizi selain membangun tenaga dan menyehatkan tubuh, juga bertujuan meningkatkan kinerja otak manusia. Dengan menu diet yang berkualitas, Anda akan terbantu memulai cara berpikir menjadi lebih tenang dan relaks. Tak hanya itu, diet sehat juga mendorong kewaspadaan mental terhadap tekanan. Adapun menu diet yang dapat membantu kinerja otak diantaranya: ikan tinggi omega3, sayuran, apel, buah berry, kacang-kacangan non kolesterol dan  masih banyak lainnya.

Mengatasi stress saat tidur

Anda akan selalu mengambil istirahat yang cukup dan juga tidur dengan baik, bila Anda tetap mengonsumsi diet bergizi setiap hari. Anda tidak perlu menderita kesulitan tidur, depresi atau kecemasan beristirahat malam ketika Anda terus mengambil diet seimbang setiap hari. Baiknya asupan gizi yang diperoleh dari menu makanan sehat, berdampak baik pada sistem sirkulasi peredaran darah, respirasi hingga pencernaan tubuh manusia.

Maka dari itu, konsumsi makanan sehat bukanlah suatu keterpaksaan yang harus dikerjakan, melainkan jadikanlah suatu kebutuhan hidup yang dapat memenuhi kesehatan tubuh baik secara dalam maupun luar tubuh. Dan hingga pada akhirnya, makan sehat itu pun akan meningkatkan penampilan fisik Anda menjadi lebih prima dan bugar.(AL/dari beberapa sumber)

Teks : Alfian    Foto: Bimo  Model : Andhika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *