8 Makanan Peningkat Testosterone

4c39

Apakah REPS Mania merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja setiap harinya dalam usaha meningkatkan kadar testosterone? Atau apakah Reps Mania ingin menaikkan hormon testosteron dengan cara yang alami? Jawabannya, anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat.

Reps kali ini akan coba memperkenalkan kepada fitness mania cara alami untuk mendorong level testosterone, yang nantinya berfungsi meningkatkan stamina baik di-gym dan juga stamina di atas ranjang. Jangan ditanya lagi ataupun dibahas program diet yang akan kita lakukan, niscaya REPS Mania akan mendapatkan hasil yang sempurna untuk melatih kekuatan, membangun otot, serta kepuasan akan hasil yang diperoleh. Segala jenis makanan yang kita konsumsi berperan aktif dalam menentukan segala dorongan dan mampu membangkitkan semangat berlatih ataupun mengembalikan “kekuatan” di atas ranjang.

REPS Mania mungkin pernah mendengar sebelumnya, bahwa “latihan keras sampai “gempor”, tetapi tidak didukung dengan makanan yang memadai tidaklah mungkin mampu menggapai tujuan, seperti perut yang kotak-kotak, bahu yang tegap, dan kaki bak manusia besi”. Namun tidak perlu khawatir, sebab dengan menjalankan testosterone boosting diet REPS Mania mampu memaksimalkan kadar testosterone yang sangat membantu saat nge-gym. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang direkomendasikan akan membantu dalam meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh yang memiliki manfaat ganda yakni, “menjadi kuda liar di gym dan di kamar tidur.

Testosteron, Rajanya HORMON

Sedikit informasi singkat bagi Reps mania mengenai testosterone, yakni salah satu hormon yang paling penting sebagai proses dalam membangun otot dan kinerja seksual di dalam tubuh seorang laki-laki. Testosteron banyak diproduksi selama masa pubertas, selain berfungsi untuk pengembangan karakteristik seksual dan memiliki efek mendalam bagi fungsi organ seluruh tubuh. Hal tersebut dipengaruhi reseptor testosteron yang ditemukan hampir disemua jaringan tubuh, sehingga kadar atau jumlah hormon tersebut sangat mempengaruhi fungsi seluruh sistem organ dalam tubuh manusia.

Sebagai contoh, testosteron sangat peranan dalam tumbuhnya bulu-bulu yang tumbuh pada wajah dan dibagian tubuh lain dalam sel kulit. Kemudian kegunaan testosteron yang paling penting bagi pria adalah untuk merangsang serat sel otot demi terciptanya pertumbuhan massa otot dan juga “mematangkan” fungsi kerja alat kelamin. Testosteron merupakan hormon seks utama laki-laki yang merupakan “steroid anabolic” asli (natural) yang sangat dibutuhkan baik dalam kegiatan seksual maupun dalam aktifitas olah raga.

Cara-Meningkatkan-Hormon-Secara-Alami

Namun sayangnya hormon testosteron dalam tubuh jumlahnya sangat terbatas. Sehingga penting adanya untuk me-maintenance-nya agar selalu dalam kondisi prima baik kualitas dan kuantitas sehingga keberadaan dan fungsinya dalam tubuh tetap maksimal. Penting pula untuk diketahui bahwa hanya testis dan kelenjar adrenalin yang bertangung jawab dalam proses produksi testosteron. Dalam buku yang bertajuk Williams of Endocronology yang terbit tahun 2003 silam menerangkan bahwa, “Hati dan ginjal berfungsi hanya untuk menghancurkan dan mengeluarkan hormon dari dalam tubuh”.

Peningkatan kadar darah dalam tubuh sering terjadi setelah kita latihan. Hal sedemikian bisa terjadi lantaran disaat bersamaan peningkatan produksi hormon dari testis juga mengalami peningkatan. Meningkatnya produksi hormon juga disebabkan oleh penurunan “clearance testosterone” dari tubuh. Yaitu aliran darah ke ginjal dan hati berkurang selama proses latihan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ada beberapa cara untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh secara alami, salah satunya dipengaruhi oleh jenis makanan yang biasa kita konsumsi, waktu atau jam makan dan juga suplemen yang dikonsumsi. Ingin tahu apa jenis makanan “ajaib” yang idealnya dapat  membantu rasa percaya diri yang lebih di atas “tempat tidur” dan mencapai kekuatan yang maximal saat nge-gym ? berikut adalah jenis nutrisi makanan tersebut :

Kalori, Karbohidrat, Lemak, dan Protein

Untuk mendorong kadar testosteron dalam tubuh, langkah tepat pertama adalah mengkonsumsi cukup banyak kalori. Makanan tertentu akan dibahas lebih lanjut., tetapi yang terpenting pada saat ini adalah diet rendah kalori dapat menyebabkan hormon awal kurang dibebaskan dari otak, bersamaan dengan menurunnya aktifitas produksi testosteron-katalisator enzym dalam testis. Konsekuensi dari diet rendah kalori adalah penurunan produksi testosteron. Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak yang mengakibatkan timbunan lemak dalam tubuh. Lemak dalam tubuh dapat mengubah testosteron menjadi estrogen. Artinya akan menjadi kebalikan akan tujuan yang ingin dicapai untuk meningkatkan kadar testosteron.

PcUNu304ME

Langkah berikutnya adalah dengan mengkonsumsi cukup karbohidrat. Paling tidak 2 mg per pounds dari berat badan. Perlu diketahui pula per-hari tubuh dapat menyimpan karbohidrat dan protein dengan perbandingan 2:1. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi cukup karbohidrat sangat ideal untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Walaupun sangat jarang disarankan untuk memilih jenis karbo yang tepat (kecuali pada saat latihan) untuk mendorong jumlah testosteron. Jika terlalu banyak serat dalam tubuh justru akan berdampak berkurangnya hormon testosteron. Bagaimanapun untuk alasan kesehatan, jangan melupakan beberapa sumber karbohidrat kompleks dalam diet seperti roti gandum, buah dan sayuran.

Langkah ketiga adalah dengan mengkonsumsi cukup protein. Yang paling penting tubuh mendapat cukup asupan protein tanpa harus mengadopsinya secara berlebihan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa lebih banyak protein dari pada karbohidrat dalam tubuh akan menurunkan kadar testosteron. Standarnya kebutuhan protein dalam tubuh adalah 1 gram protein berbanding per pounds berat badan se-harinya. Usahakan gunakan selalu protein yang berasal dari sumber hewani. Hasil riset menunjukan bahwa diet vegetarian justru berpotensi menurunkan kadar testosteron pada kaum lelaki.

Testosterone5

Yang juga harus disadari adalah pengkonsumsian jenis lemak. Paling tidak harus terdapat minimal 30% kalori dari lemak yang dikonsumsi. Usahakan pula untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi lemak tak jenuh ganda, lebih baik menggunakan lemak tak jenuh tunggal yang banyak terdapat pada kacang-kacangan, minyak olive, alpukat, dan jenis makanan lain yang mengandung lemak tak jenuh yang ada pada daging merah dan telur.

Di bawah ini, adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar testosterone secara alami tanpa harus menggunakan steroid :

 1. Tiram

Tiram atau kerang banyak mengandung protein, magnesium dan zinc. Tiram mengandung lebih banyak zinc di bandingkan dengan semua sumber makanan lain. Hanya dengan makan enam kerang kecil saja dalam sehari, dapat memberikan efek tujuh kali lipat zinc. Yang nantinya memegang peranan penting dalam pertumbuhan otot dan tingkat testosteron. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung zinc akan membuat peningkatan yang signifikan pada jumlah testosteron dan juga membuat penampilan atlet jauh lebih baik. Penelitian yang dilakukan oleh para pecinta dunia binaraga menunjukkan bahwa zinc dapat mencegah berkurangnya jumlah testosteron dalam tubuh, sekalipun setelah melakukan latihan keras. Tambahan lagi, zinc adalah salah suatu zat yang paling penting dalam proses sintesis testosteron.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA: Cobalah untuk menyantap kerang paling sedikit sekali dalam seminggu, baik mentah, dimasak ataupun yang sudah dikalengkan.

 2. Telur

Telur merupakan sumber protein dan kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa testosteron terbentuk dari proses sintesis antara kolesterol dan protein yang juga merupakan pembentuk hormon penting di dalam tubuh. Telur merupakan sumber makanan yang paling alami, dan kadar kolesterol yang terdapat pada telur  sangat tidak membahayakan bagi tubuh seperti yang sering dibayangkan. Jadi sediakan selalu telur di rumah anda.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA: Buatlah sarapan berupa omlet dari 3-4 buah telur atau telur setengah matang yang ditemani dengan salad.

 3. Daging Merah

web_thumb_dagingmerah-testosteronDaging merah ialah daging yang tidak berlemak dan merupakan sumber makanan yang sangat sempurna, karena mengandung protein, zat besi, magnesium dan zinc. Tetap usahakan pilih secara tepat daging yang mengandung lemak jenuh. Daging merah merupakan bahan pokok yang paling penting dalam meningkatkan testosteron. Daging sapi mengandung dua zat penting yang berperan langsung dalam mengoptimalkan kadar testosteron dan pembentukan otot tubuh, yakni protein dan zinc.

Dalam sebuah studi penelitian yang membandingkan 2 grup yang sama-sama ingin meningkatkan angkatan pada program latihannya atau dikenal dengan istilah “pumpy iron” dengan cara yang berbeda dalam kurun waktu 12 minggu. Grup pertama memilih diet secara vegetarian dan grup kedua memilih diet dengan makan daging merah. Dari hasil yang ditunjukkan dari kedua grup tersebut, hanya grup yang makan daging merah-lah yang menunjukkan kemajuan yang berarti. Selain ditunjukkan dengan berkurangnya lemak, juga hasil pembentukan otot yang lebih baik. Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan yang memberikan keuntungan dalam pembentukan massa otot dan meningkatkan testosteron. Walau dalam penjelasan sebelumnya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak jenuh, namun pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan lemak ini untuk memproduksi testosteron.

CARANYA: makan-lah daging yang diolah dengan cara dipanggang atau dikukus. Entah disajikan dalam bentuk steak dengan cita rasa yang sedikit pedas untuk memberikan rasa.

 4. Kacang-kacangan

Pada kacang-kacangan mengandung protein yang sangat banyak, juga serat dan zinc yang tidak kalah banyak dan pentingnya. Kacang-kacangan sesungguhnya bisa dikatakan makanan yang ajaib, karena selain rasanya, sumber nutrisi dari kacang ini sangat membantu dalam meningkatkan kadar testosteron. Selain itu dapat pula menjaga kesehatan saluran pencernaan dan juga dapat mengendalikan berat badan.

1114

Kacang-kacangan sangat kaya akan zinc dibandingkan dengan makanan sejenis dalam kelompok sayur-sayuran. Seperti kacang panggang misalnya, dapat memberikan kadar zinc lebih dibandingkan dengan daging merah. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna serta adanya peningkatan testosteron, tidak ada salahnya mulai dari sekarang intens dalam mengkonsumsi kacang-kacangan. Sebab sudah teruji kacang-kacangan kaya akan protein dan serat serta rendah lemak.

CARANYA: Kacang panggang atau kacang kedele rebus akan menjadi pilihan yang sempurna dan murah. Jadi walaupun anda sedang dalam keuangan yang agak “mepet”, kacang bisa menjadi pilihan nutrisi yang tepat.

 5. Sayur hasil penyilangan

Sayur-sayuran hasil penyilangan seperti ini bersumber dari phytochemicals (bahan kimia yang berlaku dalam tumbuh tanaman). Dalam sayuran tersebut terkandung indole-3-carbinol dan serat. Indole-3-carbinol sangat penting unuk mengubah hormon estradiole, sebanyak hampir 50% (hormon ini dapat menghambat produksi testosteron dalam tubuh) menjadi hormon yang baik yang dapat mendorong sistem sintesis pada  testosteron. Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, bokchoy, turnip greens, collard greens, rutabaga, radishes, daikon. Sayur-sayuran di atas mengandung phytochemicals yang dapat menurunkan kadar estrogen yang tidak baik dan berpotensial untuk mengurangi efek negatif dari berkurangnya kadar testosteron.

CARANYA: Rebus, kukus, sate atau dipanggang, masukkan ke dalam pasta, ditumis atau dibuat salad. Dibuat seperti apapun tetap akan menjadikan sayuran ini menjadi makanan yang sangat lezat.

 6. Madu

Madu merupakan sumber alami dari chrysin, yaitu sejenis bioflavonoid yang ditunjukkan sebagai penghambat rasa yang potensial. Para binaraga biasa menggunakan suplemen testosteron boosting dengan alasan karena mampu menghambat enzim rasa. Sehingga akan menjadi sedikit jumlah testosteron yang diubah menjadi estrogen.

CARANYA: campurkan 1 sendok madu ke dalam minuman anda atau sebagai selai pada roti.

 7. Bawang Putih

Walaupun memiliki bau yang kurang sedap, bawang putih merupakan sumber nutrisi yang disebut dengan allicin. Mengkonsumsi bawang putih disarankan untuk meningkatkan kadar testosteron dan menghambat pertumbuhan cortisol. Cortisol adalah hormon yang bersaing dengan testosterone. Yang gunanya untuk menghambat aksi dari yang dihasilkan oleh testosterone dan juga menghancurkan jaringan otot.

CARANYA: Untuk mendorong naiknya testosterone direkomendasikan untuk mengkonsumsi semua bagian dari bawang putih (garlic), bisa juga dimasukan dalam salad atau ditumis. Sebagai pengharum makanan atau desert bahkan es krim garlic.

magnesium

 8. Buah-buahan

Terakhir, masukkan juga buah-buahan pada makanan diet para fitness mania. Karena buah-buahan termasuk penghasil sumber antioksidan dan serat. Menurunnya jumlah tetsosteron dalam tubuh, dikarenakan kerusakan akibat racun yang dihasilkan oleh tubuh pada jaringan penghasil testosteron. Dari hasil penelitian mengatakan bahwa peran dari antioksidan adalah mengatasi ketidak seimbangan hormon pada pria atau kekurangan zat endrogen pada pria lanjut usia. Peneliti mengindikasikan bahwa antioksidan (vit. A, vit. E, zinc dan elenium) men-support produksi dari testosteron. Selain sebagai sumber dari serat dan nutrisi lainnya, buah-buahan juga dapat menstabilkan berat badan yang tentunya berhubungan pada tingkat testosteron.

CARANYA: Makanlah buah-buahan dalam bentuk salad atau dapat ditambah dengan yoghurt atau keju cottage. Jangan lupa untuk tetap memprioritaskan konsumsi buah-buahan yang berwarna cerah guna menjaga kulit kita untuk meningkatkan kandungan antioksidan dan serat.

KESIMPULAN

Arnold S. pernah berkata, ” Jangan pernah menjadi lelaki yang feminim”. Makanan seperti Alpha Male secara alami dapat mendorong testosteron anda dan meningkatkan stamina. Selain itu juga berperan dalam membentuk otot, serta performa di atas tempat tidur. Makanlah makanan yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dengan suplemen pendukung yang tepat untuk mempermudah dalam mem-pumpy iron, membuatnya menjadi besar, dan meningkatkan gairah sex Anda, serta stamina menjadi tidak terduga. (dillah)

5 thoughts on “8 Makanan Peningkat Testosterone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.