Baking Soda Dapat Atasi Nyeri Pasca Latihan? Benarkah?

baking soda

Beberapa saat lalu Reps telah membahas soal DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness), yakni rasa nyeri pasca latihan karena kerusakan jaringan otot. Jika Anda biasa mengatasi nyeri tersebut dengan ibuprofen (pereda rasa sakit), mungkin cara ini lebih baik untuk menjadi solusi mengatasi nyeri otot.

Penelitian terbaru dari Augusta University di Georgia menunjukkan bahwa baking soda atau natrium bikarbonat efektif mengobati rasa nyeri dan peradangan dalam tubuh. Studi ini diterbitkan di The  Journal of Immunology setelah sebelumnya mereka melakukan uji klinis yang menemukan bahwa baking soda dapat memperlambat berkembangnya penyakit ginjal.

Dalam studi terbarunya, peserta diminta untuk meminum baking soda yang dilarutkan ke dalam air. Hal ini dapat meningkatkan pH tubuh ke tingkat alkali yang lebih tinggi dan mengurangi peradangan. Darisanalah para peneliti berhipotesis bahwa natrium bikarbonat dapat meredakan peradangan tubuh yang berkaitan dengan rheumatoid arthritis dan nyeri otot.

Memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hal ini, namun karena natrium bikarbonat tidak berbahaya untuk dikonsumsi, Anda dapat mencobanya. Larutkan 1/4 sendok makan baking soda dalam 1 liter air, dan gunakan pil pereda sakit hanya jika otot Anda benar-benar nyeri tak tertahankan. Untuk efek samping lebih lanjut, Anda disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi larutan ini.

Ternyata Ada manfaat lainnya juga yang kalian dapatkan jika konsumsi natrium bikarbonat seperti yang dikutip dari Boldsky:

Mengatasi kelelahan

Bila Anda latihan intensif, asam laktat yang menumpuk di sistem tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Namun, ketika Anda mengonsumsi air baking soda, kelelahan akan berkurang.

Menyembuhkan masalah pencernaan

Air natrium bikarbonat dapat menyembuhkan masalah pencernaan, seperti keasaman. Hal ini karena air natrium bikarbonat dapat menetralkan asam dalam tubuh Anda.

(Ayu)

Baca juga : http://reps-id.com/nyeri-pada-persendian-olahraga/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *