Bekukan Lemak dengan Metode Cyrolipolysis

Liposuction atau sedot lemak mungkin sudah menjadi salah satu cara menghilangkan lemak yang populer. Namun dewasa ini telah ditemukan cara yang lebih mutakhir menghilangkan lemak tanpa harus melakukan operasi atau bedah, yakni Cyrolipolysis. Apakah Cyrolipolysis? Dan bagaimana cara kerjanya?

Istilah menurunkan berat badan terbagi menjadi 2 yakni weight loss dan fat loss. Mungkin artinya sama, namun ternyata sistematikanya berbeda.

Weight loss sendiri berarti berat badan turun, namun tidak terjadi perubahan yang konkret pada tubuh kita. Dalam arti lemak dan jaringan tubuh lainnya tetap ada. Sementara Fat loss berarti kelebihan lemak ditempat tertentu dalam tubuh sudah hilang sehingga tubuh terlihat lebih ramping.

Cyrolipolysis ini berfokus pada fat loss yakni menghilangkan lemak dalam tubuh karena jika lemak berkurang, maka secara otomatis berat badan juga akan berkurang dan tubuh akan lebih ideal tanpa lemak dalam jangka waktu yang lama.

Metode ini awalnya digagas oleh para ilmuwan dari Harvard University – Dieter Manstein, MD dan R Rox Anderson, MD yang mengamati bahwa beberapa anak yang makan es loli akan mendapat lesung di pipi mereka. Para ilmuwan menyadari ternyata bahwa es loli ini dapat membekukan dan menghilangkan kantong sel-sel lemak di pipi. Inilah yang mendasari bahwa suhu dingin dapat menghancurkan sel lemak.

Dari pengamatan dan hasil penelitian ilmuwan ini, akhirnya muncullah metode, penghancuran lemak dengan menggunakan suhu dingin “cryolipolysis”. Metodenya sendiri adalah membekukan lemak dengan mengandalkan suhu dingin hingga mencapai 4° C. Sel lemak yang mengalami pembekuan akan hancur dan mengalami proses apoptosis.

Apoptosis berasal dari bahasa Yunani, yakni apo = “dari dan ptosis = “jatuh”. Apoptosis berarti mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian sel terprogram. Apoptosis digunakan oleh organisme multisel untuk membuang sel yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh.

Apoptosis yang terjadi saat proses cryolipolysis dapat mengakibatkan sel lemak mengkristal karena proses pendinginan. Kemudian sel lemak yang mati tersebut dikeluarkan tubuh melalui urin, keringat dan feses. Sehingga sel-sel lemak tersebut hilang secara permanen. Keefektifan metode ini dapat membuang sel-sel lemak hingga 20-25% di daerah lemak tubuh yang didinginkan.

Bagaimana dengan jaringan tubuh lainnya? Jangan khawatir, selama proses pemaparan suhu dingin, tidak semua bagian tubuh terkena efeknya. Tetapi hanya bagian-bagian tertentu saja. Selama aplikator terpasang langsung ke area masalah, efek dari mesin yang terkena hanya lapisan lemak saja. Sedangkan otot, kulit dan saraf tetap terlindungi.

Metode ini sangat efektif untuk melunturkan lemak di tubuh Anda. Namun akan sangat efektif apabila didukung oleh olahraga yang teratur, juga konsumsi makanan yang sehat.

Sebelum Anda melakukan metode cyrolipolysis, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dulu pada dokter. Karena meskipun tanpa operasi ataupun bedah mungkin ada beberapa kondisi fisik yang tidak memperbolehkan Anda untuk melakukan metode ini. Salah satunya jika Anda memiliki alergi terhadap suhu dingin. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *