Besarkan Otot dengan MMC

brain-health2

Text: Fikry Hizbullah

Gym, saat mendengar kata itu tentu yang tersirat dalam benak Anda adalah tempat untuk membesarkan otot atau mungkin sebagian Anda membayangkan, bahwa Gym adalah tempat berkumpulnya para Hulk.

Sayangnya bukan Hulk yang akan Kami bahas dalam artikel kali ini, melainkan jauh lebih ke dalam lagi, yaitu bagaimana cara membesarkan otot saat berlatih di Gym. Gym memang tempat yang ideal untuk Anda mentransformasi otot yang tadinya kecil menjadi besar. Banyak cara maupun proses dalam membesarkan otot Anda, dari menaikkan beban, mengatur kecepatan repetisi, hingga superset. Faktor-faktor tersebut memang berguna bagi otot Anda, namun ada satu faktor penting yang kebanyakan pelaku fitness lupa akan satu faktor ini, yaitu Mind Muscle Connection (MMC).

maxresdefault

Kami percaya bahwa Reps Mania sudah tidak asing lagi saat mendengar kata Mind Muscle Connection (MMC). Karena bagi penggiat olahraga angkat beban, MMC sangat diperlukan saat Reps Mania latihan dengan alasan agar usaha Anda di tempat gym tidak sia-sia. Namun apakah Reps Mania mengetahui apa itu Mind Muscle Connection (MMC)? Dari manakah datangnya? Untuk itu Kami akan bahas dalam artikel kali ini.

Seperti yang Anda ketahui, suatu gerakan senantiasa dikontrol oleh otak, sebab otak adalah pemberi perintah terhadap segala kegiatan manusia. Langkah pertama menuju kontraksi otot adalah sinyal yang dikirim oleh otak ke otot Anda memberitahu mereka untuk berkontraksi. Anda mungkin mengatakan bahwa Mind Muscle Connection (MMC) terjadi pada sesuatu yang disebut “neuromuskuler junction“. Disinilah pikiran Anda akan terkoneksi dengan tubuh. Otak melepaskan zat kimia neurotransmitter yang disebut “Asetilkolin” untuk berkomunikasi dengan  otot dalam tubuh.

blog-148-illustratie

Semakin Anda dapat meningkatkan komunikasi (antara otak dan otot), semakin banyak serat otot yang akan Anda peroleh. Seorang kepala otot tunggal yang terdiri dari banyak serat otot individu. Dengan meningkatkan Mind Muscle Connection (MMC) Anda, berarti meningkatkan pula jumlah serat otot ketika Anda melakukan angkat beban. Hasilnya menyebabkan kontraksi otot yang lebih baik dan latihan yang lebih baik.

Pertanyaannya adalah, seberapa kuat Mind Muscle Connection Anda? apakah Anda sering berlatih di Gym dengan menggunakan metode Mind Muscle Connection?

Kami akan bantu Reps Mania untuk memperkuat MMC Anda dengan beberapa strategi tepat berikut ini:

Buang Jauh Ego

Salah satu alasan mengapa MMC Anda tidak berkembang adalah karena Reps Mania hanya memikirkan seberapa banyak repetisi yang dapat diangkat dan seberapa berat beban yang mampu Anda capai. Sekarang lupakan semua itu! Hanya membuang waktu Anda!.

Lupakan soal berapa banyak beban yang mampu Anda angkat, konsentrasilah pada kualitas angkatan di setiap repetisi.

Set Pemanasan

Cobalah untuk melakukan set pemanasan (15-20 repetisi) dengan beban yang cukup. Tutup mata Anda dan singkronisasikanlah kontraksi antara otot yang dilatih dengan pikiran yang ditargetkan oleh otak Anda.

Lakukan Gerakan Perlahan

Disarankan untuk gunakan beban yang cukup ketimbang beban yang berat atau terlalu ringan. Karena Anda akan menahan 4-5 detik saat negatif (turun) dan 1 detik saat positif (naik). Gerakan ini akan membantu Reps Mania merasakan kontraksi yang maksimal.

Lenturkan Otot yang dilatih Antar Set

Saat Anda melenturkan otot yang sedang dilatih, maka Anda akan memaksatambahan darahkeotot-ototAnda  sehingga memompa otot Anda lebih jauh.

Berlatih keras memang penting, tentu saja semua orang ingin mengangkat beban yang lebih berat. Melepaskan ego Anda bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang serius (mendapatkan otot yang besar), cobalah untuk menggunakan Mind Muscle Connection Anda saat berlatih di Gym.

Pikirkan semua energi yang terbuang saat Anda berlatih, Kami mengerti Anda ingin mengangkat beban agar otot Anda semakin besar, namun jika Anda tidak pernah menguasai Mind Muscle Connection (MMC) Anda, hal tersebut hanyalah sia-sia, bahkan Kami bisa katakan otot besar hanyalah mimpi.  Saatnya untuk memulai pelatihan cerdas bukan lebih keras.(Abul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *