Bulking Bersih, Begini Caranya!

Oleh Fikry Hizbullah

Ketika ingin diet, Anda bisa menemukan banyak artikel di seluruh dunia yang menjelaskan bagaimana menurunkan berat badan dan menjadi lebih kurus dalam waktu yang sangat singkat. Namun, jika Anda merasa terlalu kurus dan Anda memutuskan untuk memasuki gym untuk mendapatkan beberapa otot dan membangun beberapa massa, Anda mungkin lebih sulit untuk menemukan informasi berharga.

Untuk mengelola berat badan mulailah dengan pernyataan sangat sederhana seperti tubuh membutuhkan sejumlah kalori untuk mempertahankan massanya Jika Anda mengkonsumsi jumlah kalori di bawah rata-rata, maka berat badan pun akan turun begitu sebaliknya. Sesederhana itu.

Anda memiliki dua cara untuk menaikkan berat badan, yang pertama adalah mengikuti diet yang sama selama satu sampai dua minggu dan melacak semua kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika berat badan Anda tidak berubah pada akhir periode, yang harus Anda lakukan adalah menaikkan jumlah kalori dari 10-15% untuk mulai menambah berat badan.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menjaga berat badan, Anda dapat dengan mudah membuat surplus dan mulai membangun beberapa massa! Namun, tidak cukup jika Anda menginginkan bulking bersih hanya dengan memasukkan sejumlah kalori.

Memang, Anda bisa menaikkan berat badan hanya dengan makan kue dan pizza dalam jumlah yang banyak setiap harinya, tapi saya rasa Anda tidak akan mau memulai fase bulking dengan lemak yang banyak di tubuh dan tidak sehat. Untuk bulking bersih, Anda perlu menjaga pola makan tetap bersih dan mendapatkan jumlah yang tepat untuk setiap makro nutrisi.

Seperti yang diketahui banyak orang, protein sangat penting untuk membangun otot, mereka mungkin berpikir bahwa meningkatkan asupannya sebanyak mungkin adalah ide bagus untuk menghasilkan banyak massa otot. Bukan itu! Protein, tidak seperti lemak atau karbohidrat, tidak bisa disimpan oleh tubuh. Dengan demikian, tubuh Anda akan menggunakan jumlah yang dibutuhkan dan secara alami mengevakuasi sisanya. Itulah sebabnya mengkonsumsi whey protein dan dada ayam sepuluh kali sehari tidak akan efisien untuk Anda. Hal ini umumnya agar mendapatkan sekitar 1g protein per pon berat badan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Faktor lemak juga jadi bagian penting saat melakukan fase ini. Meskipun ada beberapa yang harus dihindari seperti lemak trans (jenuh), ada banyak lemak sehat seperti Omega 3, 6 dan 9 yang bisa Anda temukan pada kacang, minyak zaitun dan ikan berlemak yang penting bagi tubuh Anda.

Last but not least, karbohidrat tidak lupa karena mereka adalah sumber energi pertama untuk tubuh Anda! Karbohidrat dibagi menjadi dua kategori, sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana seperti gula, buah, dan permen akan memberi Anda energi instan tapi tidak akan bertahan lama. Baiknya konsumsi karbohidrat ini tepat setelah berolahraga atau latihan di gym untuk menjaga agar energi tetap berjalan atau menaikkan level insulin.

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, pasta, dan gandum lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, oleh karena itu akan memberi energi berkelanjutan dalam waktu yang lebih lama. Setelah Anda menghitung kebutuhan Anda akan protein dan lemak, semua kalori lain yang diperlukan untuk mencapai jumlah yang diinginkan harus berasal dari karbohidrat.

Sekarang, Anda memiliki semua dasar untuk memulai fase bulking yang bagus! Dengan diet dalam surplus kalori yang diisi dengan nutrisi yang tepat, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencapai tujuan Anda. Anda hanya harus sabar, konsisten dan bekerja keras saat berlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *