5 Cara Melatih Kekuatan dan Ketahanan Tubuh Di Gym

Banyak dari pelaku fitness hanya mementingkan seberapa besar otot yang dimiliki. Namun mereka lupa bahwa tubuh pun perlu beberapa unsur yang dilatih yaitu kekuatan dan ketahanan. Tidak semua orang ingin menjadi binaraga, namun semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat.

Mengapa latihan kekuatan perlu dilakukan? Alasannya adalah agar reps mania mampu mempertahankan beban tinggi dalam waktu yang lama. Sedangkan latihan ketahanan sendiri berguna untuk meningkatkan Vo2max/kapasitas paru-paru dan jantung dalam mengangkut oksigen. Sehingga Anda tidak mudah lelah saat beraktifitas.

Berikut ini adalah cara latihan kekuatan dan ketahanan tubuh menggunakan metode latihan functional ala Pratiwi Inara yang merupakan certified personal trainer dan atlet Sportisi Indonesia.

Dynamic Wall Ball

Dalam gerakan ini, reps mania harus menggunakan bola dengan berat tertentu. Adapun otot yang dilatih adalah otot triceps, bahu, quadriceps (paha) dan glutes (bokong). Adapun gerakannya sama dengan melakukan squat sembari melempar bola ke dinding. Lakukan gerakan ini selama 40 detik kemudian istirahat selama 20 detik.

Equalizer Low Row

Dalam gerakan ini reps mania gunakan dip bar sebagai alat. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk melatih otot biceps dan punggung. Lakukan gerakan ini selama 40 detik kemudian istirahat selama 20 detik.

Bosu Lunges

Dalam gerakan ini, Kita menggunakan Bosu balance untuk melatih keseimbangan tubuh. Selain melatih keseimbangan tubuh, gerakan Bosu Lunges ini juga melatih otot quadriceps. Lakukan gerakan ini selama 40 detik kemudian istirahat selama 20 detik.

Kettlebell Sumo Deadlift

Gerakan ini untuk melatih otot quadriceps, hamstring dan otot bahu. Pada dasarnya gerakan ini menggabungkan antara deadlift dan upright row secara bersamaan. Lakukan gerakan ini selama 40 detik kemudian istirahat selama 20 detik.

Dynamic Seat & Reach

Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot tangan dan perut. Adapun gerakannya sama seperti melakukan sit up sembari melempar bola ke dinding. Lakukan gerakan ini selama 40 detik kemudian istirahat selama 20 detik.

Jadi bagaimana Reps Mania?! tertarik untuk mencoba latihan ini? Kami sarankan untuk tetap menggunakan personal trainer agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *