Maxx Charles Nyaris Pensiun Di Binaraga

IFBB Pro Maxx Charles telah mengenal fitness sejak umur 12 tahun. Saat kecil, Maxx sudah berkeinginan untuk memiliki otot di badannya.

“Saya telah berkecimpung di fitness sejak umur 12 tahun. Saya adalah anak yang sangat aktif dan saya sangat ingin memiliki otot,” ungkap Maxx Charles, IFBB Pro di tengah pemotretan bersama Reps-Id.com.

Saat dewasa, Maxx terus melatih ototnya hingga orang-orang sekitar menyarankan dia untuk ikut kompetisi binaraga.

“Orang-orang di sekitar melihat ada potensi di dalam diri saya. Mereka menyarankan saya untuk ikut bertanding. Setelah mendengar semua itu, saya butuh waktu sampai saya merasa nyaman baik didalam maupun di luar panggung, baru saya mau tanding,” terang Maxx.

Ternyata butuh waktu 12 tahun untuk Maxx meyakinkan diri ikut andil dalam kejuaraan binaraga. Menurutnya, harus banyak yang dipersiapkan untuk menjadi atlet pro.

“Saya latihan selama lebih dari 12 tahun sampai merasa nyaman di atas panggung. Karena semua ini butuh waktu dan dedikasi, tidak semua orang punya itu. Secara fisik pun harus sesuai dengan apa yang saya mau. Saya selalu fokus agar badan terlihat natural, itu yang jadi fokus utama,”

2013 jadi sejarah Maxx mendapatkan gelar Pro pertamanya usai menjuarai USA overall. Meski terkesan singkat, pria asal Haiti ini mengaku banyak kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama jenjang karirnya.

“Saya menjadi Pro pada tahun 2013 setelah menang USA Overall. Tentu setiap perjalanan punya kesulitan. Saya pernah merasakan untuk berhenti (pensiun) bertanding setelah turun dari panggung pertandingan. Tetapi kalau passion masih ada dalam diri, kita tidak akan ingin berhenti,”

Untuk persiapan tanding, pria dengan bobot 140 kg ini memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada waktu konkret dalam mempersiapkan pertandingan.

“Terkadang saya mempersiapkannya selama 8 minggu, terkadang 12 minggu jadi semua tergantung pada kondisi fisik, tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk ‘lean’. Intinya kalian harus jujur pada diri sendiri. Lakukanlah sesuai dengan keadaan tubuh masing-masing,”

Berangkat dari pengalamannya, faktor emosional sangat mempengaruhi kondisi tubuh saat bertanding. Bisa dikatakan musuh terbesar Maxx dalam dunia bodybuilding adalah diri sendiri.

“Musuh terbesar saya saat di atas panggung adalah diri sendiri. Karena di beberapa kontes terakhir saya merasa khawatir akan kondisi badan sehingga badan saya terlihat jelek. Dan sampai sekarang saya tetap melatih diri untuk tenang, jadi seberapa jauh saya bisa tenang maka tidak perlu ada yang di khawatirkan di atas panggung,”

“Seperti kebanyakan atlet pro lainnya, saya hanya punya satu tujuan di bidang ini bukan hanya bertanding tetapi saya ingin menjadi yang terbaik , saya ingin jadi yang pertama. Itulah tujuan utama saya,” tutup Maxx.(abul)

 

Biodata

Nama Lengkap          : Maxx Charles

Berat Badan               : 140.6 kg

Tinggi Badan             : 180 cm

Tanggal Lahir            : 20 Februari 1980

Kewarganegaraan    : Haiti

 

Prestasi:

Juara 1 – NPC Eastern USA Championship 2008

Juara 1 – NPC Bev Francis Atlantic States Championship 2011

Juara 1 – NPC USA Championship 2013

Juara 1 – Tampa Pro 2015

Juara 2 – Toronto Pro 2016

Juara 3 – Arnold Classic 2017

Juara 2 – Arnold Classic Australia 2017

Juara 3 – Muscle Mayhem Pro 2018

Juara 3 – Tampa Pro 2018

Juara 3 – George Farah Classic Pro Men’s Bodybuilding 2018

Juara 1 – Romania Muscle Fest Pro Men’s Bodybuilding 2018

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.