Banyak Pemain yang Harus Absen di Sea Games 2017 karena Peraturan Baru

Home Forums Lifestyle Banyak Pemain yang Harus Absen di Sea Games 2017 karena Peraturan Baru

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by debbyang debbyang 4 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #36145
    debbyang
    debbyang
    Participant

    SEA Games 2017

    Tahun ini akan kembali digelar pesta olahraga dua tahunan yang bertajuk Sea Games 2017. Event tingkat Asia Tenggara ini rencananya akan mendapuk Malaysia sebagai tuan rumah. Jika tidak aral melintang, gelaran Sea Games 2017 akan berlangsung mulai bulan agustus mendatang.

    Beberapa negara pun sudah mulai mempersiapkan cabang olahraga unggulannya. Mereka mengincar medali yang tersebar dalam berbagai cabang olahraga tersebut.

    Seperti pada gelaran sebelumnya, sepakbola menjadi cabang yang ditunggu-tunggu publik Asia Tenggara. Seluruh negara termasuk Indonesia pun sudah mulai merancang tim sejak dini. Kini pun tim nasional Indonesia sedang berada pada proses penentuan sosok pelatih yang akan mengawal timnas pada ajang tersebut.

    Pada Sea Games 2017 mendatang, cabang olahraga sepakbola pun merilis peraturan baru terkait pembatasan usia pemain yang bertanding. Dalam beberapa ajang sebelumnya dikutip dari FUN88, seluruh kesebelasan boleh membawa pemain dengan usia maksimal 23 tahun. Namun, kali ini penyelenggara hanya memperbolehkan pemain dibawah 22 tahun saja yang diperuntukan untuk ikut serta bertanding pada cabang olahraga sepakbola.

    Keputusan ini merupakan hasil diskusi dari pihak AFC sebagai induk sepakbola Asia. Tujuannya untuk mempermudah persiapan negara-negara yang akan berlaga dalam ajang bergengsi lainnya. Sehingga tim-tim pun sudah siap dengan skuat mudanya ketika mereka menghadapi ajang semacam piala AFC U-23 atau Olimpiade. Negara yang muncul sebagai juara piala AFC U-23 sendiri akan dipastikan lolos ke gelaran Olimpiade secara otomatis.

    Andaikan Indonesia mampu menjadi kampiun di ajang AFC Cup U-23 maka negara ini tidak perlu merombak kembali skuat terbaiknya kala menghadapi ajang yang memiliki level lebih tinggi. Itulah yang sekiranya menjadi tujuan dirilisnya peraturan baru ini. Namun, paling tidak Indonesia harus mampu dulu berbicara banyak dalam ajang Sea Games 2017, barulah timnas boleh bermimpi melenggang ke ajang Olimpiade. Modal pemain yang sudah terstruktur rapi tentu akan mempermudah kinerja tim serta pelatih.

    Kali ini PSSI mencoba melupakan luka ketika mereka gagal dalam helatan Piala AFF 2016 lalu. Edy Rahmady selaku ketua induk sepakbola Indonesia itu mengatakan, setelah pelatih ditentukan Indonesia akan melakoni berbagai pertandingan uji coba. Luis Fernandez dan Luis Milla muncul sebagai kandidat kuat untuk mengisi kursi kepelatihan Indonesia. PSSI pun telah memasang target tinggi dalam ajang Sea Games 2017 mendatang. Juara dan mempesembahakan medali emas untuk Indonesia menjadi target yang dianggap cukup realistis.

    Namun, dengan berlakunya kebijakan baru itu, memaksa sejumlah pemain untuk mundur dari skuat tim nasional yang akan berlaga di Sea Games 2017. Pemain andalan yang sejatinya tengah bermain apik itu terpaksa harus menepi, diantaranya Manahati Lestusen, Wawan Febrianto, Abduh Lestaluhu, Abdul Aziz, Adam Alis, dll. Mereka terbentur peraturan baru yang mewajibkan seluruh tim menggunakan skuat yang berusia di bawah umur 22 tahun. Padahal, kehadiran mereka justru akan menambah kekuatan tim nasional Indonesia secara keseluruhan.

    Disamping itu, tim nasional tidak perlu bingung. Masih ada nama seperti Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama Pranata, Ichsan Kurniawan, dan Febri Haryadi yang siap mengsisi skuat timnas. Kita tinggal mengambil sisi positifnya saja berkat berlakunya peraturan baru itu. Timnas pun tidak perlu mengotak atik skuatnya lagi saat menghadapi ajang selanjutnya. Jikalau Indonesia gagal tembus ke Olimpiade, mereka pun masih memiliki asa di ajang Asian Games yang memang memberlakukan pemain dengan kelompok usia 23 tahun.

    • This topic was modified 4 months, 3 weeks ago by debbyang debbyang.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.

Instagram Reps
×