Bulk/Cut dan Status Fitness

Home Forums Konsultasi Bulk/Cut dan Status Fitness

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Robin 6 months, 4 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #71507

    Robin
    Participant

    Dear Reps Indonesia,

    Saya berkecimpung di dunia fitness sudah 2 tahun 8 bulan namun baru 8 bulan pertama, saya mengalami musibah yaitu patah lengan dan baru bisa melanjutkan fitness berbulan bulan berikutnya. Saat masa pemulihan, saya kehilangan banyak sekali massa otot dan justru malah semakin menambah kadar lemak saya sehingga tidak berkaruan. Setelah selesai pemulihan, saya melanjutkan fitness dengan pertama bertujuan untuk cutting terlebih dahulu, setelah 8 bulan saya hanya membakar sekitar 20 kg lemak
    Dan pada saat itu saya cukup yakin bahwa kadar lemak saya sekitar 13 – 15 %, sixpack hanya sedikit yang terlihat dibagian perut atas saja, dan sudah cukup “lean”, berat saya saat waktu ini adalah 64 kg dengan tinggi 175 cm
    4 Bulan berikutnya sampai sekarang, saya melakukan Bulking, namun di 2 bulan pertama, saya menyadari bahwa saya menambah berat badan sangat cepat, sekitar 10 kg totalnya
    Tapi saya cukup yakin bahwa saya telah membuat otot dengan baik karena saya bertambah kuat dan setiap 2 minggu melakukan progressive overload. Saya sudah bisa Benchpress 60 kg 2 reps, Squat 80 kg 4 Reps, Deadlift 90 kg 3 reps
    Sekarang saya perkirakan saya di kisaran 17 – 20 % body fat, otot saya sudah berdefinisi dan saya tidak terlihat gendut, saya juga tidak meyesali penampilan saya
    Berat saya saat ini adalah 78 kg dengan tinggi 180 cm, saya menyadari pertambahan tinggi dari saat waktu mengukur tinggi bersama paman saya, saya diketahui lebih tinggi dari sebelumnya

    Saya ingin bertanya pada Reps Indonesia,
    1. Saya tergolong apa dalam dunia fitness? “newbie/intermediate/advanced”

    2. Sekarang body fat saya di 17 – 20 %, apakah saya hanya harus melanjutkan bulking lagi seperti yang sudah saya rencanakan yaitu bulking 9 bulan dari September 2018 sampai Mei 2019 tambah masssa otot 9 kg, dan cutting 3 bulan dari Juni sampai Agustus 2019, atau haruskah saya cutting sekarang juga?
    Dilema saya di bagian ini adalah, jika cutting sekarang, akan membuang banyak waktu lagi, pada akhirnya di musim liburan yaitu sekitaran Juli – Agustus saya ingin terlihat lean, otomatis sebelum itu harus cutting lagi jadi saya berpikiran untuk apa cutting 2 x dalam 1 proses? karena mau se clean apapun bulking tetap dapat fat yang nantinya harus dicutting lagi
    Dilema yang lain adalah saya baru belajar suatu hal baru yaitu jika bulking di atas 15% body fat akan menghasilkan pertumbuhan otot yang sedikit karena insulin dalam tubuh kita jadi sensitif, jadi saya terpikiran untuk cutting terlebih dahulu tapi saya masih terjebak dalam dilema
    Menurut saya “bulking dengan pertumbuhan otot yang sedikit” akan lebih efektif dibandingan dengan cutting sekarang untuk mendapatkan 10% kadar lemak dan mulai bulking kembali/restart istilahnya karena proses cutting pasti berlangsung cukup lama minimal 3 bulan/2 bulan, yang sebenarnya saya bisa pakai untuk fase bulking
    Namun dilain sumber ada yang mengatakan bahwa jika bulkingnya membuat kita gendut, kita harus langsung cutting karena tidak sehat dan merusak organ tubuh kita
    Jadi menurut Reps Indonesia, bagaimanakah ya solusinya? Mohon pertanyaan ini dijawab untuk meluruskan dilema saya

    3. Target fitness saya adalah mempunyai berat 80 kg dengan kadar lemak 10 – 12 %, sanggupkah saya menjadi kuat tanpa menambah berat badan lagi? saya ingin mempunyai berat badan tetap 80 kg tapi saya ingin menjadi lebih kuat dari sebelumnya

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.

Nutrabolics
×