Kacang Mete yang Kaya Manfaat

cashews-ftr

Oleh: Fikry Hizbullah

Mete merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki citarasa lezat. Ternyata, kacang yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki habitat asli di wilayah pesisir timur laut, Brazil. Konsumsi kacang mete setiap hari dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan karena di dalamnya terkandung antioksidan penting, protein, vitamin dan mineral.

Banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika mengkonsumsi kacang mete seperti yang dilansir dari naturalnews:

Mencegah Kanker

Kacang mete mengandung flavonol yang disebut Proanthocyanidins yang merupakan senyawa dengan kadar tembaga yang tinggi. Satu porsi berisi 37,5% dari kebutuhan tembaga harian Anda yang membantu dalam memerangi  sel-sel kanker. Selain itu dapat mencegah dari berbagai kanker seperti kanker usus besar, prostat dan tumor.

Fresh Ripe Brazilian Caju Cashew Fruit

Menjaga Kesehatan Jantung

Mete mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Tubuh manusia membutuhkan nutrisi dari semua kelompok makanan termasuk lemak, dan kacang mete adalah salah satu dari mereka. Ia juga memiliki antioksidan kuat yang menjaga jantung dari berbagai penyakit jantung. Mete juga bebas kolesterol.

Diabetes

Telah ditemukan bahwa ekstrak kacang mete sangat bermanfaat untuk mengontrol tingkat gula darah, yang berguna untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kacang mete memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes. Kacang mete menurunkan kadar trigliserida pada pasien diabetes yang membantu mereka mencegah kolesterol lebih lanjut dan masalah gula terkait.

cashewbag-1014x487

Kesehatan Pencernaan

Kacang mete merupakan sumber  serat yang baik. Serat makanan membantu mencerna makanan dengan mudah, namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah kembung dan gas usus. Konsumsi kacang mete telah terbukti dapat menurunkan beberapa penyakit pencernaan.

Cegah Anemia

Kacang mete merupakan sumber zat besi, yang sangat penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu fungsi enzim dan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan tubuh, anemia, dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi dan berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *