Keuntungan Latihan HIIT

Jika Anda mencari sebuah rezim latihan baru, atau hanya mencari beberapa tantangan baru, pelatihan High Intensity Interval Training (HIIT) mungkin cocok bagi Anda. HIIT merupakan latihan dengan intensitas tinggi, cepat dan periode pemulihan singkat.

Jangan tertipu oleh interval pendek, jika Anda melakukannya dengan benar, semburan ini akan meciptakan efek yang luar biasa terhadap tubuh Anda. Teknik ini telah mencuri banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir dan untuk alasan yang baik. Berikut adalah tiga manfaat besar dari latihan HIIT.

Membantu Bangun Endurance

pelatihan intensitas tinggi menyesuaikan dengan struktur selular otot yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan jenis latihan. “Journal of Physiology,” diposting sebuah studi di mana orang berpartisipasi dalam HIIT selama delapan minggu dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka telah dua kali lipat lamanya waktu mereka bisa naik sepeda sambil menjaga kecepatan yang sama.

Bakar Kalori dan Lemak dalam Waktu yang Lebih Singkat

HIIT sangat baik jika dilakukan dengan waktu terbatas. Studi menunjukkan bahwa 15 menit dari latihan interval intensitas tinggi membakar lebih banyak kalori daripada jogging di treadmill selama satu jam.

Penggunaan Energi yang Efektif

Melalui pelatihan interval tubuh, Anda belajar bagaimana menggunakan energi yang berasal dari sistem energi tubuh secara efisien. HIIT juga membantu menghilangkan limbah beracun dari otot-otot Anda selama istirahat. Selain itu, dapat membantu Anda bernapas secara efektif

Meningkatkan Metabolisme

The American College of Sports Medicine mengungkapkan bahwa High Intensity Interval Training (HIIT) membantu Anda mengambil lebih banyak oksigen daripada latihan non-interval. Kelebihan jumlah oksigen yang dikonsumsi membantu meningkatkan tingkat metabolisme Anda dari sekitar 90 menit ke 144 menit setelah sesi latihan interval. Sehingga metabolisme meningkat dan membantu membakar lebih banyak kalori pada tingkat yang lebih cepat.

Tidak Membutuhkan Alat

Latihan HIIT tidak memerlukan peralatan layaknya di gym. Yang Anda butuhkan adalah sedikit ruang terbuka. Latihan ini memanfaatkan berat tubuh Anda sendiri, sehingga setiap latihan yang membuat denyut jantung Anda cepat seperti plyometrics, high knees dan jumping jack dapat diimplementasikan ke dalam latihan HIIT.

Menghilangkan Lemak Tanpa Mengorbankan Otot

Kardio sering dikaitkan dengan kehilangan otot. Namun tidak dengan latihan yang satu ini, latihan HIIT, bagaimanapun, menggabungkan latihan beban (berat menjadi tubuh Anda) dan secara efektif memungkinkan pelaku diet untuk menjaga pertumbuhan otot mereka.

Pilih Latihan Anda Sendiri

Hal yang besar tentang High Intensity Interval Training adalah bahwa Anda tidak harus membatasi diri hanya berjalan atau bersepeda. Bahkan, Anda dapat memilih apapun latihan kardio dan menjadikannya sebuah latihan interval. Anda dapat sepeda satu hari dengan kecepatan max selama 30 detik dan mengambil 45 detik pada interval kedua dan hari berikutnya Anda dapat beralih ke jogging atau aerobik.

Baik untuk kesehatan jantung

Mereka mengatakan bahwa pelatihan ekstrim membantu membangun hasil yang ekstrim. Sulit bagi kebanyakan orang untuk mendorong diri ke zona anaerobik di mana Anda kehilangan napas dan merasakan jantung Anda berdebar lebih cepat dan lebih cepat. Dengan pelatihan interval lebih mudah untuk mendorong diri sendiri ke tingkat tersebut. Hal ini membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu aliran darah secara efektif di seluruh tubuh Anda. (Fikry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *