Sehatkah Konsumsi Udang Saat Diet?

Udang dikenal sebagai makanan laut yang tinggi kolesterol sehingga tidak dipilih sebagai menu diet sehat. Namun benarkah demikian?

buy galantamine uk

ic gabapentin 100mg side effects

traitement pour tomber enceinte clomid

oxa 75 rapilent diclofenac para que sirve

phenergan dosage for 10 year old

Udang merupakan salah satu sumber protein hewani yang termasuk dalam jenis seafood. Rasa yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat udang banyak diolah menjadi makanan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Bagi sebagian orang udang dijadikan menu diet yang sehat karena selain kaya protein, kandungan merkuri dalam udang sangat rendah dibandingkan dengan jenis seafood yang lainnya. 

Kandungan nutrisi udang

Udang merupakan sumber asam lemak omega-3, protein, B-12 dan selenium yang luar biasa. Selain itu dalam 3 ons udang mengandung 63 kalori dan 20 gram protein. Dalam jumlah kecil, udang tidak mengandung lemak. Namun sebaiknya batasi konsumsi udang per hari maksimal 22 gram untuk menghindari adanya kandungan lemak dari udang.

Udang juga mengandung 165,8 miligram kolesterol per porsi. Jumlah ini lebih dari setengah batas yang disarankan, yakni 300 miligram perhari. Hal itulah yang membuat udang jarang dipilih menjadi menu diet sehat, karena kolesterol dapat meningkatkan resiko penyumbatan darah.

about citalopram

patrex sildenafil

can nortriptyline cause constipation

buy doxycycline hyclate

accutane cheapest price

Namun salah jika Anda tidak mengkonsumsinya sama sekali. Asam omega-3 dalam udang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan kesehatan lainnya, salah satunya diabetes. Untuk itu disarankan agar tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan laut ini.

Perhatikan cara mengolah udang. Hindari memasak udang dengan cara digoreng atau dicampur dengan saus yang tidak sehat. 

Manfaat protein dalam udang

Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan dua porsi ikan atau makanan laut setiap minggu. Satu porsi udang mengandung 20 gram protein. Jumlah ini merupakan porsi besar untuk memenuhi kebutuhan harian 46-56 gram protein agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, membangun serat otot, serta menghasilkan energi.

benzoyl peroxide gel 10 percent

breast cancer medicine arimidex

risperidone 25 mg side effects

tolnaftate vs clotrimazole

letra de la cancion choca de plan b

Selain itu udang juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner pada wanita. Sebuah studi dalam jurnal Circulation edisi Agustus 2010 mengkorelasikan asupan protein yang lebih tinggi dari makanan laut, termasuk udang, dengan kemungkinan lebih rendah untuk mengembangkan masalah kardiovaskular pada wanita yang berusia 30 sampai 55 tahun.

Manfaat udang lainnya

Sumber vitamin yang baik

Udang merupakan sumber vitamin B-12 yang baik, dengan 21,1% dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin B-12 berkontribusi langsung pada fungsi sistem saraf Anda.

Disamping itu satu porsi udang menyediakan vitamin B-6, vitamin A dan vitamin E dibawah 10%. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata Anda.

geodon and weight gain

zydus lamotrigine

gelnique oxybutynin chloride gel

paxil generic vs brand name

active form of prednisone

Konten mineral yang tinggi

Mengkonsumsi satu porsi udang sama seperti mengkonsumsi hampir setengah kebutuhan selenium harian Anda. Selenium sendiri berperan penting dalam fungsi tiroid dan memberikan perlindungan antioksidan pada tubuh. Satu porsi udang juga mengandung 14,6% zat besi, 11,6% fosfor, dan 8% seng dan tembaga yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Hal yang perlu diperhatikan

Meskipun mengandung kadar merkuri yang rendah, makanan laut tetap mengandung sejumlah kecil kontaminan yang berbahaya. Batasi konsumsi Anda maksimal 12 ons dalam 7 hari untuk menghindari masalah kesehatan. Pastikan untuk memasaknya dengan matang agar menghindari terganggunya kesehatan. (Ayu)

sumber:

University of Maryland Medical Center: Omega-3 Fatty Acid

doxycycline and herpes

benzoyl peroxide 7% gel

betamethasone dipropionate eczema

dos paracetamol untuk bayi

voltaren price

Eurekalert; Think Saturated Fat Contributes to Heart Disease? Think Again; October 2010

McKinely Heart Center; Macronutrients: The Importance of Carbohydrate, Protein, and Fat: March 2008

“Circulation”: Major dietary protein sources and risk of coronary heart disease in women; AM Bernstein; August 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.