Serba-Serbi Stretch Mark Dalam Membangun Otot

Ketika bercermin dan melihat otot yang mendominasi tubuh, tentu Anda akan merasa luar biasa. Namun saat Anda melihat stretch mark yang muncul di beberapa bagian, rasa percaya diri Anda akan berkurang. Sebenarnya, apa itu stretch mark? Apakah bisa dicegah? Jika sudah terjadi, apakah bisa diatasi?

Apa itu stretch mark?

Stretch mark adalah guratan atau garis-garis merah yang muncul karena peregangan kulit akibat membesarnya bagian tubuh. Stretch mark sering ditemukan pada wanita yang sedang hamil, orang yang mengalami obesitas, hingga orang yang sedang membangun otot (yang akan kita bahas selengkapnya). Meskipun terlihat mengganggu, nyatanya stretch mark masih bisa dihilangkan dengan cara tertentu dan dapat dicegah.

Stretch mark tidak muncul disemua bagian tubuh. Hanya bagian-bagian tertentu saja seperti bahu (termasuk bawah ketiak), biceps (termasuk triceps), punggung, paha atas, perut. 

Mengatasi stretch mark karena pertumbuhan otot

Seiring berkembangnya teknologi, stretch mark yang kemunculannya sangat mengganggu ini mulai dapat dihilangkan dengan beberapa metode, diantaranya:

Gunakan krim penghilang stretch mark

Produk krim penghilang stretch mark memang sudah ada sejak lama. Selain menghilangkan stretch mark yang sudah muncul, krim tersebut juga bekerja sebagai pencegah terjadinya stretch mark. Cara kerjanya adalah menambah elastisitas kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Krim ini juga dapat memperbaiki dan memulihkan sel yang rusak serta melindungi kelembaban kulit. Jika Anda mencari krim ini di toko online atau toko obat dan kosmetik, Anda akan menemukan banyak merk.

Gunakan derma roller

Derma roller yang sering disebut sebagai tusuk mikro, adalah alat yang efektif untuk menghilangkan stretch mark. Cara kerjanya adalah dengan membuat luka mikro pada kulit Anda dengan jarum kecil yang tertanam di roller. Setelahnya kulit akan bereaksi terhadap luka kecil yang tidak berbahaya tersebut dan mengeluarkan kolagen untuk memperbaikinya. Alat ini juga menginduksi aliran darah di kulit dan membuatnya menjadi lebih padat sehingga mengurangi munculnya stretch mark.

Metode ini sering digunakan di klinik spesialis kulit. Namun banyak juga yang melakukan treatment ini di rumah dengan membaca instruksi yang ada. Anda dapat memilih ukuran jarum antara 0,5 mm hingga 1,5 mm. Namun Anda perlu berkonsultasi dengan dokter karena penggunaan yang salah dapat menyebabkan kerusakan kolagen.

Cara penggunaan derma roller

1. Bersihkan tangan, derma roller, dan area dimana Anda akan melakukan perawatan.

2. Hidrasi kulit dengan serum (oposional tapi sangat dianjurkan).

3. Gulung derma roller dengan lembut secara horizontal, vertikal, dan diagonal 8-10 kali.

4. Bersihkan kulit Anda dengan lembut.

5. Ulangi langkah tersebut 1-2 kali sebulan sampai Anda melihat hasilnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat menggunakan krim stretch mark, minyak, dan lotion setelah langkah ke-4.

Terapi laser

Untuk pengobatan yang lebih cepat Anda dapat menggunakan terapi laser. Ini adalah metode non-bedah yang memanfaatkan cahaya laser untuk memecah ikatan molekul dalam jaringan kulit yang rusak dari stretch mark. Kemudian kulit akan mulai memperbaiki perubahan warna dan lekukan yang disebabkan oleh stretch mark. Dengan terapi laser, stretch mark Anda akan hilang secara permanen walaupun tidak semua dan dilakukan dengan beberapa sesi.

Satu sesi terapi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan setelahnya Anda bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Namun metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mencegah munculnya stretch mark dalam membangun otot

Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk itu sebelum stretch mark muncul di kulit Anda, lakukanlah pencegahan terlebih dahulu. Berikut caranya:

Gunakan krim stretch mark

Solusi yang paling efektif untuk pencegahan adalah dengan menggunakan krim di bagian yang beresiko menjadi tempat munculnya stretch mark. Kandungan vitamin E, lidah buaya, dan cocoa butter mampu menjaga kesehatan dan elastisitas kulit serta meningkatkan kolagen dan elastin pada kulit.

Lakukan diet sehat

Selain memanajemen berat badan dan kadar lemak yang ada, diet juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Poin-poin penting dalam diet yang musti Anda lakukan dalam mencegah munculnya stretch mark adalah:

a. Sertakan makanan bergizi yang menyehatkan kulit seperti kacang-kacangan yang kaya vitamin E (almond, kacang tanah, kuaci), makanan yang mengandung kolagen (beri, kedelai, bawang putih), makanan beromega-3 (salmon, walnut, tiram), dan makanan yang mengandung gelatin (kuning telur, jamur, susu).

b. Hidrasi kulit Anda dengan konsumsi air yang cukup. Kulit yang cukup terhidrasi akan terasa lebih lembab dan kenyal. Selain itu air juga dapat mendetoksifikasi tubuh. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari atau konsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, mentimun, dan lain-lain.

c. Hindari konsumsi steroid karena pertumbuhan otot yang drastis membuat elastisitas kulit tidak bisa menyeimbangkan pertumbuhan otot yang terlalu cepat. Akibatnya stretch mark akan muncul. Selain itu steroid yang merupakan hormon sintetis dapat mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan kulit rentan terhadap stretch mark.

Hindari terpapar sinar UV terlalu lama

Paparan sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin yang ada di dalam kulit, sehingga membuat kulit Anda rentan mengalami stretch mark. Untuk Anda yang ingin membuat kulit Anda kecoklatan untuk turun di panggung kompetisi, lebih baik gunakan tanning daripada berjemur diterik matahari. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.