Terlalu Banyak Minum Air Sehat Atau Berbahaya?

Untuk fungsi yang normal, tubuh butuh air. Maka dari itu Anda dianjurkan untuk minum sebanyak 3,7 liter air untuk laki-laki, dan 2,7 liter untuk perempuan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun pertanyaannya, apakah mengkonsumsi air lebih banyak dari dosis harian tubuh dapat membuat Anda lebih sehat? Atau sebaliknya dapat membahayakan tubuh? 

Water Intoxiaction

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Anda perlu mengenal istilah yang satu ini. Water intoxiaction, atau yang biasa disebut keracunan air, adalah kondisi dimana seseorang minum terlalu banyak air, sehingga menimbulkan gangguan fungsi otak yang fatal akibat keseimbangan elektrolit yang ada di dalam tubuh berada di luar batas aman.

Kondisi ini biasanya terjadi akibat tidak sengaja mengkonsumsi air terlalu banyak (akibat aktivitas yang membuat Anda merasa lebih haus dari biasanya: olahraga daya tahan, berada di tempat yang lembab dan panas, hiponatremia, dll). Namun ada juga yang sengaja melakukannya, misalnya dengan mengikuti suatu tantangan berhadiah dan banyak lagi. 

Contoh Kasus Keracunan Air

Pada 12 Januari 2007 sebuah stasiun radio mengadakan kontes on-air yang diikuti oleh beberapa orang kontestan. Kontes ini menantang mereka untuk meminum air putih sebanyak-banyaknya tanpa boleh buang air kecil dan siapa yang berhasil akan memenangkan konsol game nintendo wii. 

Salah satu kontestan, Jennifer Lea Strange, 28 tahun yang berhasil minum hampir 2 galon air dan menjadi pemenang di acara tersebut. Namun sayangnya, ia mengalami keracunan air dan meninggal dunia 5 jam setelah acara di selenggarakan.

Gejala Keracunan Air

Orang yang tanpa sengaja mengalami keracunan air biasanya akan merasakan kelelahan (merasa mengantuk), kepala yang terasa lebih ringan dan sakit, pusing, mual, muntah, kram, buang air kecil berlebihan, bahkan yang lebih parah bisa kejang, koma, dan mengalami kematian.

Pencegahan Dan Pengobatan

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentu saja dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengatur asupan air yang masuk ke dalam tubuh Anda. Tidak kurang atau terlalu banyak. Hal ini dikarenakan kapasitas ginjal yang terbatas dan keseimbangan elektrolit harus tetap terjaga.

Jika Anda mengalami keracunan air, hal yang dapat dilakukan untuk mengobatinya adalah;

  • Mengkonsumsi obat diuretik.
  • Membatasi konsumsi air, maksimal 15 gelas per hari.
  • Jika gejala terus berlanjut segera minta pertolongan medis.

(Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.