Tetap Bugar Selama Musim Hujan

Bagi sebagian orang, hujan membawa kegembiraan. Namun bagi pecinta olahraga, musim hujan bisa menjadi sesuatu yang mengecewakan. Pasalnya cuaca yang suram dan lembab ini membuat Anda malas pergi ke gym dan absen dari jogging di pagi hari. Bagaimana cara menghadapinya?

Solusi terbaiknya adalah membuat rumah menjadi gym. Anda bisa melakukan beberapa olahraga yang tentunya membuat Anda tetap bugar. Berikut olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah selama musim penghujan.

Jogging spot

Ternyata jogging juga dapat Anda lakukan di dalam ruangan. Bedanya adalah Anda tidak perlu berjalan maju, alias jalan di tempat. Walaupun kelihatannya sepele, olahraga jogging spot ini sangat ideal dilakukan sebagai latihan pemanasan sebelum berangkat kerja. Selain itu olahraga ini mampu membakar sekitar 215 kalori jika dilakukan selama 30 menit.

Skipping

Skipping atau lompat tali adalah olahraga kardio yang praktis dan menyenangkan. Olahraga ini membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, fleksibilitas, melatih tulang, hingga membakar lemak karena gerakan lompat tali ini dapat memangkas 560 kalori per jam. 

Strength training

Tidak hanya di gym, Anda dapat melakukan strength training di rumah dengan panduan dari internet sebagai pengganti personal trainer. Gunakan dumbbell kecil, atau botol yang diisi air sebagai beban. Strength training dapat membakar sekitar 200 kalori per jam Anda latihan.

Plank

Ingin perut Anda tetap rata tanpa gelambir lemak? Gerakan plank dapat Anda pilih sebagai menu latihan Anda di waktu santai. Caranya lakukan posisi push-up di atas matras, tekuk lengan ke bawah dan tahanlah selama 30 detik. Plank dapat membakar kalori sebanyak 350 kalori per jam. 

Yoga

Tidak hanya sebagai olahraga yang menyehatkan tubuh, yoga juga mampu memanajemen stres dan merilekskan tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga ini di rumah dengan suasana yang tenang agar lebih mudah berkonsentrasi saat melakukan gerakan. Latihan yoga ini dapat membakar sekitar 280 kalori per jamnya.

Pilates

Selain yoga, Anda dapat melakukan olahraga pilates di rumah. Hanya berbekal matras atau alas tikar untuk melakukan beberapa gerakan yang melatih fleksibilitas tubuh. Latihan pilates dapat membakar 260 kalori per jam. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.