Tips Mudah Untuk Mengeringkan Otot

Anda sudah diet dan berlatih keras, namun tubuh masih saja terlihat gemuk dan definisi otot masih tidak terlihat? Bisa jadi hal tersebut adalah karena tubuh Anda masih memiliki banyak kandungan air yang tersimpan dalam sel-sel tubuh di bawah kulit, sehingga tubuh Anda terlihat “basah”. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan retensi air tubuh, yakni terlalu banyak natrium, suplementasi yang salah, serta dehidrasi. Namun kabar baiknya, Anda dapat membuang kelebihan kandungan air tersebut, sehingga definisi otot akan terlihat saat otot kering sempurna. Simak tips mudah mengeringkan otot berikut ini.

Kurangi sodium (natrium)

Mengapa garam kerap dihindari saat diet? Jawabannya adalah karena garam mengandung sodium yang dapat mengikat air. Semakin banyak sodium yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak air di simpan oleh tubuh. Untuk itu Anda perlu mengurangi konsumsi garam, serta makanan olahan yang mengandung banyak sodium, seperti sup instan, makanan kaleng, makanan beku, dan beberapa jenis bumbu masakan. 

Banyak mengeluarkan keringat

Salah satu cara untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam tubuh adalah melalui pori-pori, atau yang biasa kita kenal dengan berkeringat. Caranya sangat mudah, yakni dengan melakukan olahraga. Bisa dengan kardio atau juga latihan beban. Selain membuat Anda berkeringat, berolahraga juga membuat Anda lebih bugar, membangun massa otot, dan membakar lemak.

Mengatur suplementasi

Suplementasi sangat penting untuk mendukung Anda mendapatkan otot yang sempurna. Namun saat ingin memperoleh otot yang kering, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen jenis creatine. Mengapa? Karena sifat creatine yang menarik air ke otot. Hal ini baik untuk meningkatkan massa otot. Namun jika Anda ingin performa otot yang kering, Anda dapat berhenti mengkonsumsinya terlebih dahulu.

Konsumsi Multivitamin

Kebutuhan makro dan mikro tentunya harus terpenuhi dengan seimbang. Kekurangan zat gizi mikro tertentu, seperti vitamin B1 dan B6 dapat menyebabkan munculnya berat air. Untuk itu pastikan mengkonsumsi multivitamin agar kebutuhan tersebut terpenuhi dan tubuh akan bekerja secara optimal.

Jangan lewatkan diuretik alami

Untuk memaksimalkan proses pengeringan otot, Anda dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat diuretik, misalnya;

Catatan

Tips mengeringkan otot ini bertujuan untuk meningkatkan definisi otot, dan hanya akan bekerja jika presentase lemak tubuh Anda rendah. Jika Anda belum termasuk dalam kategori tersebut, sebaiknya Anda lebih dulu fokus pada kehilangan lemak tubuh. Baru kemudian masuk pada proses ini. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.