Waspada lipoma tumor jinak yang tidak terdeteksi

Pernahkah Anda mengalami benjolan pada bagian tubuh Anda. Meskipun tidak terasa sakit, Anda perlu mewaspadainya. Bisa jadi benjolan tersebut merupakan lipoma. 

Lipoma adalah benjolan berisi lapisan lemak yang perlahan menumpuk di bagian lapisan kulit. Letaknya berada di antara kulit dan lapisan otot. Semakin lama penumpukan lemak semakin banyak dan benjolan dapat tumbuh besar. Lipoma diindikasikan sebagai penyakit tumor jinak yang terjadi pada orang dewasa.

Istilah lipoma memang jarang diketahui oleh masyarakat. Pasalnya benjolan yang disebabkan oleh lipoma biasanya tidak terdeteksi dan tidak terasa nyeri. Bahkan cenderung lunak dan dapat bergeser saat ditekan. Namun jika diremehkan lipoma bisa menjadi penyakit yang serius.

Lipoma bisa muncul di semua bagian tubuh, seperti sering muncul di leher, punggung atas, bahu, ketiak, bokong, paha atas. Namun benjolan ini juga bisa menyerang bagian usus, otot, bagian dalam paha, paru-paru, hingga betis.

Jenis-jenis lipoma

Tidak semua lipoma hanya berisi lemak, namun ada juga yang berisi pembuluh darah, hingga sel-sel yang berbentuk seperti batang. 

  • Lipoma konvensional (berisi lemak putih dan cukup umum terjadi)
  • Hibernoma (berisi lemak coklat, bukan lemak putih biasa)
  • Fibrilipoma (berisi jaringan lemak plus serat)
  • Angiolipoma (berisi lemak ditambah sebagian besar pembuluh darah)
  • Myelolipoma (berisi jaringan plus lemak yang membuat sel darah)
  • Spindle Cell Lipoma (berisi lemak dan sel-sel yang terlihat seperti batang)
  • Pleomorphic Lipoma (berisi lemak dan sel-sel dengan berbagai ukuran)
  • Atypical Lipoma (berisi lemak dengan ukuran lebih dalam dan jumlah sel yang lebih besar).

Gejala lipoma

Munculnya lipoma biasanya tidak terdeteksi. Namun ketika penumpukan lemak semakin banyak dan saat benjolan terasa sakit jika ditekan (kondisi saat lipoma mengenai saraf atau jika lipoma berisi pembuluh darah), barulah penderita menyadari bahwa ia menderita lipoma. 

Ukuran lipoma berbeda-beda. Biasanya tidak melebihi 8 cm. Umumnya lipoma tidak terlalu berbahaya. Namun jika rasa nyeri berkelanjutan dan benjolan membesar (hingga 2 kali lipat), Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter karena penumpukan lemak mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada tubuh Anda.

Penyebab lipoma

Sampai saat ini penyebab lipoma belum diketahui. Diduga faktor genetik dan trauma fisik lah yang menjadi penyebabnya. Ada beberapa kondisi genetik yang dapat menyebabkan munculnya lipoma, yakni:

1. Penyakit sindrom Gardner, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan terbentuknya tumor jinak.

2. Adiposis dolorosa, suatu kondisi yang ditandai oleh munculnya benjolan lunak lemak.

3. Familial multiple lipomatosis, yakni kondisi turun temurun yang menyebabkan benjolan lemak terbentuk.

4. Penyakit Madelung, kondisi langka yang ditandai dengan benjolan lemak di tubuh bagian atas.

5. Penyakit sindrom Cowden, yaitu tumor jinak, kulit berlebih dan benjolan dengan ukuran besar.

Pengobatan lipoma

Pada dasarnya benjolan lemak ini tidak berbahaya jika tidak terus tumbuh membesar dan terasa sakit. Namun kebanyakan justru mengganggu kepercayaan diri bila berada di bagian tubuh yang menonjol. 

Periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apakah lipoma perlu tindakan khusus atau tidak, karena bisa saja lipoma justru berisi nanah, kista, bahkan cikal bakal terjadinya kanker. Tindakan pengobatan yang dilakukan dokter adalah:

Operasi

Operasi/pembedahan dilakukan jika lipoma tumbuh besar dan di diagnosis akan menjadi tumor. Pengangkatan secara operasi membuat lipoma tidak akan tumbuh kembali.

Liposuction (sedot lemak)

Meskipun cara ini relatif cepat, namun resiko penyedotan lemak di dalam lipoma tidak terlalu efektif, karena tidak semua lemak dapat terangkat sehingga lipoma bisa kembali kambuh.

Suntikan steroid

Dengan suntikan steroid, ukuran lipoma dapat mengecil. Namun bukan berarti hilang. Kemungkinan benjolan muncul kembalipun masih ada. Sehingga cara ini hanya meredakan lipoma, bukan menyembuhkan. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.