Yuk Mulai Berolahraga di Rumah

olahraga di rumah

Berolahraga di rumah dewasa ini jadi pilihan terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. selain itu, hal tersebut juga berguna untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Pemerintah pun menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah hingga pandemi berakhir. Lantas bagaimana dengan kegiatan olahraga yang biasa kita lakukan di gym?

Jangan khawatir. Kali ini Reps akan mengulas manfaat dan cara efektif berolahraga di rumah. Simak artikelnya berikut ini:

Seberapa efektif olahraga di rumah

Meski di gym Anda dapat melatih otot dengan lebih mudah karena menggunakan mesin, Anda tidak perlu khawatir latihan Anda tidak maksimal. Olahraga beban merupakan olahraga yang fleksibel.

Anda dapat memanfaatkan berbagai alat dengan kreatif, termasuk berat badan Anda sendiri. Misalnya mengganti dumbbell dengan botol minum, atau menggunakan karet sebagai ganti mesin cable. Yang menjadi poin pentingnya adalah, bagaimana Anda mengeksekusi gerakan tersebut dengan benar.

Manfaat berolahraga di rumah

1. Menghemat waktu

Berlatih di rumah nyatanya membuat Anda lebih hemat waktu. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke gym dan menghabiskan waktu di jalan. Terlebih untuk beberapa waktu, Anda disarankan untuk tidak keluar rumah dan beberapa pusat kebugaran ditutup untuk kebutuhan sterilisasi.

2. Tidak mengeluarkan biaya

Dengan mengandalkan barang seadanya, atau hanya berbekal barbell dan dumbbell yang dibuat dari kaleng diisi semen, Anda bisa tetap membangun otot. Tentu tidak ada alasan kalau ingin membangun otot harus mahal.

3. Waktu yang fleksibel

Saat Anda berlatih di rumah, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan jadwalnya. Anda bisa berlatih kapan pun dan bebas menentukan otot mana yang perlu dilatih.

4. Lebih privasi

Anda yang tidak suka keramaian biasanya lebih suka berlatih di gym yang sepi. Namun di saat genting seperti sekarang ini, berlatih di rumah akan membuat Anda lebih nyaman. Anda dapat menciptakan sendiri suasana yang Anda mau sehingga latihan lebih maksimal.

5. Tidak ada tekanan dari siapa pun

Berlatih di rumah secara pribadi membuat Anda tidak perlu khawatir untuk mengimbangi orang di sekitar Anda.

Yang perlu diperhatikan saat latihan di rumah

Meskipun bisa berlatih dengan santai sesuai dengan kemauan, bukan berarti Anda dapat melakukannya sesuka hati.

Untuk mendapatkan tubuh berotot yang Anda inginkan, Anda perlu menetapkan target tertentu, kuatkan motivasi Anda, serta disiplin melakukannya. Jika tidak, tentu saja usaha Anda akan gagal.

Selain itu carilah informasi yang benar mengenai program latihan dari rumah di media sosial. Dewasa ini banyak sekali channel youtube dan beberapa blog yang memberikan informasi seputar fitness, terutama tips latihan.

Langkah-langkah berolahraga di rumah

Untuk berlatih di rumah, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah tempat. Carilah tempat di rumah Anda yang membuat Anda merasa nyaman saat berolahraga, misalnya halaman, atau teras rumah, atau ruangan yang cukup luas, guna menghindari cedera akibat terbentur sesuatu.

Kemudian siapkan beberapa peralatan, seperti matras, botol yang diisi air (untuk pengganti dumbbell), karung berisi pasir (untuk digunakan sebagai beban), barbell yang Anda buat sendiri, karet, dll, yang bisa Anda gunakan untuk mendukung gerakan yang Anda lakukan. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan berat badan Anda sendiri.

Setelah itu, lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan. Hal ini juga mencegah Anda mengalami cedera otot. Lalu barulah lakukan gerakan inti. Jangan lupa, lakukan pendinginan setelah selesai, dan pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi selama latihan.

Gerakan sederhana yang dapat dilakukan di rumah

Lunges

Squats

Planks

Push ups

Crunches

Atau Anda dapat melakukan home training program ala Reps berikut ini: hometrainingprogram.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *