3 Suplemen Terbaik Untuk Recovery Otot

Setelah latihan intensitas tinggi ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan, diantaranya istirahat yang cukup dan nutrisi pasca latihan. Dua hal tersebut sangat penting untuk recovery otot dan menghindarkan Anda dari Delayed-onset Muscle Soreness (DOMS).

Dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat, recovery otot akan berjalan lebih cepat. Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung protein dan juga suplemen yang tentu memiliki zat-zat penting yang diperlukan oleh otot Anda.

Berikut 3 suplemen terbaik untuk recovery otot;

Branched Chain Amino Acid (BCAA)

Otot yang dilatih dengan beban akan menerima rangsangan dan tumbuh lebih besar (hipertrofi). Proses hipertrofi ini mungkin akan menyebabkan otot tersebut akan terasa sakit saat digunakan setelahnya. Di sanalah peran BCAA sebagai pemulih otot.

Sebuah penelitian yang melibatkan 20 subjek yang mana 10 orang mengkonsumsi BCAA dengan latihan dan 10 lagi tidak. Hasilnya resiko mengalami Delayed-Onset Muscle Soreness (DOMS) pada mereka yang mengkonsumsi BCAA lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi BCAA.

Hal tersebut dikarenakan BCAA mengandung asam amino leusin, isoleusin dan valin yang penting untuk membangun otot dan mengurangi kerusakan. Ukuran porsi 5 gram adalah dosis BCAA yang cukup universal dan dapat dikonsumsi sebelum, saat latihan hingga pasca latihan.

Minyak Ikan

Suplemen yang satu ini seringkali diabaikan. Padahal manfaatnya untuk kesehatan sangat melimpah, diantaranya menyehatkan jantung, mengelola berat badan serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun ternyata minyak ikan sangat baik untuk recovery otot karena mengandung EPA dan DHA, dua asam lemak esensial yang memiliki efek inflamasi untuk mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian dilakukan pada 27 orang yang melakukan latihan eksentrik selama 60 hari. Sebagian dari mereka mengkonsumsi minyak ikan dan sebagian lagi tidak. Hasilnya mereka yang konsumsi minyak ikan mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan berkurangnya pembengkakan otot.

The American Heart Association merekomendasikan 1 gram perhari minyak ikan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Jika Anda ingin mencegah terjadinya DOMS setelah latihan, cobalah konsumsi 2 gram per-harinya.

L-Carnitine L-Tartrate (LCLT)

L-Carnitine lebih dikenal sebagai pembakar lemak, namun sangat penting dikonsumsi saat recovery otot. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi akumulasi amoni dan meningkatkan aliran darah selama dan setelah berolahraga sehingga mengoptimalkan proses perbaikan jaringan otot pasca latihan.

Sebuah penelitian yang melibatkan 10 orang yang dilatih dengan resistance. Mereka berlatih intensitas tinggi dan mengkonsumsi suplemen LCLT sebanyak 2 gram selama 3 minggu. Setelahnya peneliti mengambil sampel darah mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa suplementasi LCLT efektif mengurangi kerusakan jaringan dan nyeri otot.

Tidak ada yang lebih baik dari suplemen pembakar lemak yang mampu mengurangi rasa nyeri. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *