4 Tips Menjaga Kesehatan Sendi

Bisa dikatakan hampir di seluruh tubuh manusia terdapat sendi. Sendi yang sehat memudahkan kita untuk beraktivitas sehari-hari. Lantas bagaimana dengan sendi tidak sehat?

Jika seseorang menderita nyeri sendi tentu akan tahu betapa sulit dan menyakitkannya mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Bangkit dari tempat tidur, melakukan gerakan sederhana pun jadi perjuangan yang sangat menyakitkan.

Kabar baiknya terdapat langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan sendi Anda. Dengan melakukan tips dan trik ini dalam kegiatan sehari-hari, Anda dapat melindungi sendi dari rasa sakit.

Peregangan di Pagi Hari

Hal pertama yang harus Anda lakukan di pagi hari adalah peregangan. Peregangan membantu meningkatkan elastisitas otot. Selain itu, otot yang direnggangkan pun dapat bekerja lebih efektif untuk melindungi sendi.

Lakukan Gerakan Low Impact

Anda dapat melatih keseimbangan untuk menjaga sendi tetap kuat seperti menggunakan barang-barang di rumah (kursi,meja). Cobalah untuk melakukan squat dengan bantuan kursi kemudian push up menggunakan meja atau tembok.

Makan Makanan Yang Tepat

 Cobalah untuk makan makanan yang kaya akan anti peradangan seperti sayuran hijau gelap, labu, wortel, paprika dan buah beri. Makanan tersebut tidak hanya mengkal peradangan tetapi juga tinggi antioksidan. Antioksidan dikenal dapat melawan kerusakan radikal bebas yang dapat memperburuk kesehatan sendi.

Berjalan

Berjalan merupakan aktivitas low impact yang sangat baik untuk menjaga sendi tetap sehat. Cobalah untuk berjalan 30 menit sehari keliling lingkungan Anda. Jika dirasa masih berat, cobalah untuk berjalan di dalam kolam renang untuk meringankan kerja sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.