5 Alasan Dips Harus Ada di Program Latihan Anda

Dips adalah gerakan latihan dasar untuk melatih tubuh bagian atas. Namun ternyata gerakan ini jarang digunakan saat latihan lantaran tingkat kesulitannya cukup tinggi dan menguras banyak tenaga. Padahal gerakan yang satu ini sangat efektif untuk menambah massa otot sekaligus meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas Anda. Berikut 5 alasan mengapa dips harus ada pada program latihan Anda.

Membuat Anda kuat dalam angkatan bench press

Berapa beban yang sanggup Anda angkat saat bench press? Apakah ada peningkatan yang signifikan? Yap. Salah satu cara untuk meningkatkan beban saat bench press adalah dengan melakukan gerakan dips sebagai pemanasan. Semakin berat beban yang Anda gunakan saat melakukan dips, semakin berat pula angkatan bench press yang dapat Anda lakukan.

Membesarkan otot triceps dan pectoral

Dips jelas merupakan gerakan latihan keseluruhan bagi tubuh bagian atas, termasuk otot tangan, bahu, dada, juga punggung. Berlatih dengan dips dapat meningkatkan massa otot di bagian atas tubuh. Namun jika Anda menargetkan triceps dan pectoral, Anda dapat melakukan dips dengan tubuh yang lebih condong 45° ke depan dan siku yang terbuka, sehingga otot-otot yang terlibat akan bekerja semakin keras. 

Dapat dilakukan dengan teknik repetisi rendah ataupun tinggi

Gerakan tertentu sangat baik jika dilakukan dengan repetisi rendah, sementara yang lain sebaliknya. Namun ternyata dips dapat digunakan secara efektif dengan keduanya. Anda dapat melakukan latihan dips dengan repetisi rendah (4-7 repetisi) dan beban yang berat di minggu-minggu pertama untuk mendapatkan massa otot. Di minggu-minggu berikutnya, Anda dapat melakukan dips dengan bobot tubuh Anda sendiri dengan repetisi tinggi untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otot.

Meningkatkan serat otot

Banyak studi penelitian yang menunjukkan bahwa latihan dengan ruang gerak yang luas lebih menunjukkan peningkatan pada serat otot dibandingkan dengan latihan yang stabil (diam di tempat). Inilah sebabnya mengapa squat lebih unggul dari leg press, dan pull up lebih unggul daripada pull down. Dips juga termasuk di dalam latihan dengan ruang gerak yang lebih luas.

Bisa dilakukan tanpa perlu ke gym

Banyak hal yang membuat seseorang tidak dapat pergi ke gym. Kabar baiknya gerakan dips juga dapat dilakukan di rumah dengan alat yang sederhana. Anda hanya butuh dua benda dengan tinggi yang sejajar untuk tumpuan. Mudah bukan?

So jangan lupa masukan gerakkan ini ke dalam program latihan Anda ya fitness mania. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.