5 Cara Kontrol Diabetes

Oleh: Fikry Hizbullah

Dikutip dari Federasi Diabetes Internasional bahwa Indonesia termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes. Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun, namun sayangnya kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya.

Penyakit ini memiliki dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik.

Adapun gejala-gejala yang dialami pengidap diabetes tipe 1 dan 2 seperti yang dikutip dari alodokter.com, yaitu sering merasa haus, sering buang air kecil terutama di malam hari, rasa lapar yang ekstrem, turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, berkurangnya massa otot, terdapat keton dalam air seni (Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup), kelelahan, pandangan kabur, luka yang lama sembuh dan sering mengalami infeksi misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

Ada baiknya untuk mengurangi angka tersebut, Reps Mania perlu mengubah gaya hidup yang tidak sehat menjadi sehat. Berikut ini ada 5 cara untuk mengkontrol diabetes yang dapat membantu Anda:

Makan sehat – ┬áIni sangat penting bila Anda pengidap diabetes, karena apa yang Anda makan mempengaruhi kadar gula darah. Sebenarnya, tidak ada makanan yang benar-benar terlarang hanya saja bagi pengidap diabetes fokus pada jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dapatkan banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Pilihlah susu tanpa lemak dan daging tanpa lemak. Batasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Ingat bahwa karbohidrat berubah menjadi gula, jadi perhatikan asupan karbohidrat Anda.

Latihan – Jika Anda bukan termasuk orang yang aktif, inilah saatnya! Anda tidak harus bergabung dengan gym dan melakukan cross-training. Cukup berjalan, naik sepeda, atau main video game aktif.

Lakukan aktivitas tersebut selama 30 menit hingga membuat Anda berkeringat dan bernapas sedikit lebih keras. Gaya hidup aktif membantu mengendalikan diabetes dengan menurunkan gula darah selain itu dapat menurunkan kesempatan terkena penyakit jantung. Plus, ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan ekstra dan mengurangi stres.

Kelola stress – Saat Anda stres, kadar gula darah Anda naik. Dan saat Anda cemas, Anda mungkin tidak mengelola diabetes dengan baik. Anda mungkin lupa berolahraga, makan dengan benar, atau minum obat-obatan Anda. Temukan cara untuk menghilangkan stres – melalui pernapasan, yoga, atau hobi yang menenangkan Anda.

Berhenti merokok – Diabetes membuat Anda lebih mungkin memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki. Jika Anda merokok, kesempatan Anda untuk mendapatkan masalah ini lebih tinggi lagi. Merokok juga bisa membuat olahraga lebih sulit. Bicarakan dengan dokter jika dirasa sulit untuk berhenti merokok.

Jauhi Alkohol – Mungkin lebih mudah mengendalikan gula darah jika Anda tidak terlalu banyak minum bir, anggur, dan minuman keras. Jadi jika Anda memilih untuk minum, jangan berlebihan. American Diabetes Association mengatakan bahwa wanita yang minum alkohol seharusnya tidak lebih dari satu gelas sehari dan pria seharusnya tidak lebih dari dua. Alkohol bisa membuat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sebaiknya periksa gula darah Anda sebelum ingin minum, dan lakukan langkah-langkah untuk menghindari gula darah rendah. Jika Anda menggunakan insulin atau minum obat untuk diabetes dianjurkan untuk makan saat mengkonsumsinya. Beberapa minuman seperti wine memiliki kadar karbohidrat lebih tinggi jadi pertimbangkanlah saat Anda menghitung mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *