5 Otot Yang Dapat Dilatih Setiap Hari

Salah satu hal yang pertama kali dipelajari saat mulai latihan beban adalah tidak boleh melatih otot yang sama setiap hari. Meski hal tersebut benar, namun ada pengecualian terhadap pernyataan tersebut.

Alasan mengapa tidak boleh melatih kelompok otot yang sama setiap hari adalah, karena otot membutuhkan waktu yang cukup untuk memulihkan diri dan tumbuh, terutama kelompok otot yang lebih besar, seperti punggung, dada, dan kaki. Kelompok otot ini memerlukan waktu yang relatif lebih lama.

Namun beberapa bagian otot kecil dapat Anda latih setiap hari karena pemulihannya lebih cepat. Berikut 5 otot yang dapat Anda latih setiap hari.

Betis

Otot betis adalah otot yang susah dibentuk dan berperan penting dalam menopang tubuh bagian atas. Namun meski begitu, betis termaauk dalam kelompok otot kecil yang cepat pulih setelah dilatih.

Aturan penting dalam melatih betis adalah Anda boleh melatihnya setiap hari dengan catatan mereka tidak sakit. Dengan melakukan gerakan berdiri, berjalan, atau bahkan berlari, lakukan beberapa set latihan dengan 10-15 repetisi.

Triceps

Triceps atau lengan bawah adalah salah satu otot yang paling sering dilupakan saat latihan. Namun untuk mendapatkan otot lengan yang sempurna, Anda harus melatih seluruh bagian ototnya.

Jika Anda merasa ukuran otot lengan Anda masih kurang, lakukan latihan overhand dan underhand wrist curl di akhir sesi latihan sebanyak 3 set dengan 15-20 repetisi.

Trapesius (leher)

Selain triceps, otot yang jarang dilatih adalah otot trapesius (leher). Hal ini dapat mengurangi estetika tubuh karena leher akan terlihat kecil. Untuk mendapatkan trapesius yang besar, Anda dapat melatihnya setiap hari dengan melakukan 5 gerakan latihan.

Abs (perut)

Perut adalah otot yang menjadi primadona dalam latihan beban, karena perut yang six-pack dapat mendongkrak rasa percaya diri Anda.

Otot abs dibagi menjadi 3 bagian dan cara melatihnya pun berbeda, yakni upper, lower, middle abs, dan oblique. Anda dapat melatih masing-masing bagian secara bergantian setiap hari untuk mendapatkan perut yang six-pack sempurna.

Baca juga: 5 latihan pertajam otot six-pack

Biceps

Selain perut, otot biceps juga kerap menjadi fokus utama di dalam latihan beban. Memiliki otot biceps yang besar membuat Anda terlihat lebih macho dan berotot. Karena termasuk dalam kelompok otot kecil, Anda juga bisa melatihnya setiap hari.

Lakukan latihan biceps di akhir sesi, atau setelah melakukan sesi latihan otot besar. Sebab melatih otot biceps lebih dulu dapat membuat latihan otot besar (yang melibatkan bagian tangan) tidak maksimal karena kelelahan.

Latihan dengan resistance band

Berlatih menggunakan resistance band adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mobilitas Anda, untuk pemanasan sebelum latihan, dan menghilangkan asam laktat setelah latihan.

Berlatih dengan resistance band dapat meminimalkan kerusakan otot dan mempercepat proses pemulihan. Ini juga dapat membantu meningkatkan koneksi pikiran-otot, menstimulasi otot lebih baik, dan memperbaiki titik-titik yang lemah.

Jangan lupa masukkan latihan ini dalam rutinitas latihan Anda.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *