6 hal yang harus Anda ketahui tentang Creatine

prolab-creatine-monohydrate-490-grams-watermelonCreatine bukanlah pendatang baru dalam dunia otot. Bahkan mereka yang sudah lama terjun ke dunia fitness sudah pasti mengenal jenis suplemen satu ini. Creatine merupakan salah satu suplemen yang paling aman dan efektif dikonsumsi oleh atlet cabang binaraga ataupun olahraga umum lainnya baik usia tua ataupun muda. Sekedar informasi, zat alami Creatine ini dapat ditemukan di daging merah dan ikan. Alasan mengapa Creatine sangat populer di dunia olah tubuh adalah karena suplemen ini dapat mengurangi rasa lelah dan juga meningkatkan intensitas latihan. Tetapi tidak hanya itu saja, masih banyak kelebihan dari Creatine yang harus Anda ketahui. Berikut akan kami ulas satu persatu.

1. Creatine membangun massa otot

Is-creatine-safe-for-kidneys

Desas-desus bahwa Creatine dapat membangun massa otot, memang benar. Creatine sangat membantu dalam menaikkan massa otot, namun hanya jika dibarengi dengan latihan yang rutin dan diet yang benar. Jadi bagi mereka yang mengkonsumsi Creatine dan berharap massa otot akan naik tanpa dibarengi latihan dan diet yang benar sama halnya dengan bermimpi. Secara tidak langsung cara kerja Creatine memacu kita agar lebih giat berolahraga dan makan makanan yang sehat.

2. Creatine menambah berat karena daya penyimpanan air

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi Creatine dapat menaikkan berat badan sebanyak 3 pound dalam 1 minggu pertama karena daya penyimpanan air. Ketika orang tersebut berhenti mengkonsumsi Creatine, maka berat air tersebut akan menghilang dan menjadi massa otot.

3. Creatine baik untuk otak

Creatine disinyalir dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memori, serta berpotensi membantu mengobati depresi. Ketika Anda mengalami depresi, maka tubuh tidak merasa seperti bergerak. Tetapi Creatine memberikan energi pada tubuh Anda untuk bergerak. Ketika Anda bergerak lebih, Anda akan merasa lebih baik. Dan ketika Anda merasa lebih baik, maka Anda akan lebih banyak bergerak.

4. Creatine bubuk adalah yang paling baik

shutterstock_26031499

Begitu banyak pilihan bentuk Creatine yang dapat kita konsumsi, diantaranya pil, bubuk ,dan juga berbentuk cair. Namun, dari kesemuanya itu, yang terbaik adalah Creatine dalam bentuk dasar, yaitu bubuk sehingga mudah dicerna tubuh juga tidak menghilangkan kandungannya ketika diolah.

5. Campur dengan air atau protein shake

Dalam mengkonsumsi Creatine, direkomendasikan agar mengkonsumsinya hanya dengan dicampur dengan air saja. Terkadang beberapa orang mengkonsumsinya dengan cara dicampur dengan jus agar lebih mudah terserap kedalam tubuh, namun tanpa di jus sekalipun, Creatine memang zat alami yang memiliki sifat cepat terserap dalam tubuh. Selain itu jus lebih banyak mengandung gula dan kalori.

6. Waktu yang baik untuk mengkonsumsi Creatine

Jadikanlah Creatine sebagai rutinitas pagi Anda. Konsumsi pada saat pra-latihan dan pasca-latihan. Pada dasarnya waktu terbaik dalam mengkonsumsi Creatine adalah sesuai dengan kebutuhan. Bila waktu konsumsi sesuai, mereka akan melihat hasilnya dengan perubahan tubuh yang lebih signifikan. (Ayu/dari berbagai sumber)

2 thoughts on “6 hal yang harus Anda ketahui tentang Creatine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.