7 Makanan Kaya Protein

Selain berperan penting dalam membangun otot, protein berfungsi membentuk setiap sel di tubuh seperti; kuku, tulang, kulit dan rambut. Selain itu protein juga membantu menciptakan enzim, hormon hingga bahan kimia fisiologis yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Jadi Anda tentu tahu seberapa penting memenuhi kebutuhan protein setiap harinya.

Protein disusun oleh asam amino yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga harus disuplai melalui makanan atau minuman yang Anda konsumsi, baik dari hewan ataupun tumbuhan. Berikut 7 makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan protein Anda:

 

Ikan Kod Asin

 

Ikan kod adalah jenis ikan air asin yang banyak ditemukan di samudera atlantik. Jadi jangan heran kalau di Indonesia, ikan kod sedikit sulit ditemukan. Jikalau ada, kemungkinan hasil impor. Kandungan protein ikan cod segar cukup banyak, yakni 20 gram, namun untuk ikan kod yang diasinkan (diawetkan) kandungan proteinnya mencapai 75 gram per-100 gram. Selain protein, ikan ini juga dilengkapi omega 3, vitamin A, dan vitamin D.

 

Tuna Segar

 

Ikan tuna memang dikenal sebagai sumber protein terbaik karena kandungan proteinnya 2 kali protein telur. Selain itu rasanya yang lezat membuat ikan ini banyak diminati sebagai sajian harian. Ikan tuna mengandung 21,5 gram protein per-100 gram, mirip seperti ikan salmon, halibut atau ikan bass.

 

Dada Ayam/Kalkun

 

Dada ayam adalah bagian paling lean dengan kandungan protein yang melimpah. Dada ayam sering kali dijadikan menu utama dalam diet. Selain ayam, Anda dapat juga mengkonsumsi kalkun jika Anda bosan. Dada ayam dan kalkun mengandung protein sekitar 22 gram per-100 gramnya. Perbedaannya terletak pada kadar lemak. Kalkun memiliki lemak lebih rendah dari pada ayam.

 

Daging Sapi

Daging sapi juga merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik bagi tubuh karena mengandung selenium, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin D, juga omega 3. Dalam 100 gram daging sapi, terkandung sekitar 21 gram protein. Namun untuk menjamin kesehatan, pilihlah sapi yang diternak di padang rumput, bukan dipeternakan dan makan biji-bijian.

 

Hati Sapi

Selain daging sapi, hati sapi juga merupakan sumber protein yang baik untuk Anda. Hati sapi memiliki kandungan protein 14,9 gram per-100 gramnya. Selain protein, Anda juga mendapatkan kandungan asam folat, zat besi dan seng sekaligus.

 

Makanan Laut

Seafood atau makan laut juga merupakan salah satu sumber protein yang baik dengan rasa yang lezat. Salah satunya adalah udang. Udang mengandung protein sebanyak 24 gram dengan hanya 0,8 gram lemak dan 100 kkal per-100 gram. Sangat baik untuk diet bukan?

 

Kacang Kedelai

 

Untuk Anda yang alergi protein hewani, Anda bisa mengkonsumsi kedelai yang mengandung protein nabati. Kandungan proteinnya adalah 36 gram per-100 gram. Anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk olahan seperti tahu ataupun tempe. Selain kedelai ada juga quinoa. Kacang almond dan pistachio yang memiliki 20 gram protein beserta omega 3 yang sehat. (Ayu/Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *