8 Makanan Sehat Yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Sahur adalah waktu yang penting sebelum berpuasa karena apa yang kita konsumsi saat sahur akan berpengaruh pada aktivitas selama puasa seharian. Untuk itu sangat penting bagi Anda mempersiapkan makanan dengan nutrisi yang benar agar ibadah puasa tidak terhambat dan tubuh tetap dapat beraktivitas secara maksimal. Berikut 8 makanan sehat yang baik dikonsumsi saat sahur.

1. Oatmeal

Karbohidrat adalah bahan bakar utama yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Untuk itu penting bagi Anda memasukkan karbohidrat ke dalam menu sahur Anda. Salah satu jenis karbohidrat yang baik dikonsumsi saat sahur adalah oatmeal. Selain mampu mengurangi kolesterol jahat, serat yang terkandung dalam oatmeal dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah sembelit karena kurang cairan selama puasa, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sajikan oatmeal bersama susu rendah lemak dan buah-buahan.

2. Nasi merah

Selain oatmeal, nasi merah juga dapat Anda andalkan sebagai sumber karbohidrat saat berpuasa karena mengandung serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu serat yang terkandung dalam beras merah juga dapat membantu Anda melancarkan pencernaan, serta menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. 

3. Kacang-kacangan

Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan saat sahur. Beberapa jenis kacang mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan juga protein yang membantu membangun jaringab tubuh. Selain itu kacang juga mengandung lemak sehat dan vitamin B yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Apel

Pada dasarnya sangat baik untuk mengkonsumsi buah-buahan saat sahur. Namun apel memiliki kandungan vitamin yang beragam. Mulai dari vitamin A, B, dan C. Mengkonsumsi apel saat sahur juga dapat menahan rasa lapar selama berpuasa. Selain itu apel juga dipercaya dapat mengurangi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jangan lupa konsumsi beserta kulitnya ya.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah Anda temukan dan juga memiliki nutrisi yang sangat lengkap. Mengkonsumsi telur saat sahur dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal dan membentuk jaringan otot karena kandungan asam aminonya.

6. Ikan

Selain telur, ikan dapat menjadi makanan berprotein yang Anda pilih sebagai menu makan sahur. Ikan mengandung protein yang tinggi sehingga dapat menjadi cadangan bahan bakar tubuh untuk menhasilkan energi. Efeknya, tubuh Anda tidak akan lemas selama menjalankan puasa. Selain itu ikan juga mengandung omega 3 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Pastikan tidak mengolahnya dengan cara digoreng karena setelah mengkonsumsinya Anda justru akan terus merasa haus.

7. Buah dan sayur yang mengandung air

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangat penting di saat berpuasa. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air seperti tomat, mentimun, melon, semangka, stroberi, dan lain-lain. Selain terhidrasi, kebutuhan tubuh akan vitamin terpenuhi oleh sayur dan buah ini.

8. Kurma

Buah yang satu ini rasanya wajib terhidang di meja makan saat berpuasa. Kandungan gizi yang luar biasa di dalamnya, mampu menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa, seperti kandungan karbohidrat, dan juga glukosa, fruktosa, serta sukrosa yang mampu diolah tubuh menjadi energi. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.