Apa Itu TRX?

Pernahkah Anda melihat tali kuning dan hitam bergelantungan di gym? Ya tali itu adalah TRX! TRX adalah jenis latihan full body workout yang lebih mengandalkan bobot tubuh. TRX merupakan kepanjangan dari Total Body Resistance Exercise. Olahraga ini awalnya dirancang untuk tentara militer Amerika Serikat yang membutuhkan olahraga dalam ruangan sempit.

Olahraga ini diperkenalkan kepada masyarakat umum oleh Randy Hetrick, mantan anggota pasukan khusus Amerika Serikat sekitar tahun 2000-an.

Mengandalkan kaki dan tangan sebagai pusat tumpuan, dan tali elastis sebagai alat bantu, TRX lebih fokus untuk melatih otot perut. Olahraga ini tergolong olahraga berat yang membakar kalori dalam jumlah banyak, dan sangat efektif untuk membentuk otot di bagian perut dan bahu.

Salah satu manfaat olahraga TRX telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 16 orang peserta. Dalam penelitian ini, para peserta diminta untuk melakukan sesi TRX sebanyak 3 kali dalam seminggu, selama 8 minggu berturut-turut. Di akhir penelitian diketahui bahwa rata-rata peserta mengalami penurunan kadar lemak tubuh dan punya massa otot yang lebih berat.

Para ahli mengatakan bahwa selama satu jam melakukan TRX dapat membakar kalori kurang lebih 350-550 kalori, tergantung dengan masing-masing performa olahraga. Jadi olahraga ini sangat bagus bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus menaikkan massa otot.

Layaknya olahraga yang lain, TRX bisa berakibat cedera jika Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Saran kami, sebaiknya ikuti dulu kelas TRX di gym agar punya pengetahuan lebih seputar TRX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.