Bangun Otot Dengan Nitric Oxide

 

Nitric Oxide (NO) adalah salah satu jenis zat yang dibutuhkan manusia untuk kesehatan tubuh, terutama dalam membangun otot. Dibandingkan dengan whey protein, Creatine dan BCAA, nitric oxide nampaknya kurang diminati lantaran sebagian orang tidak mengetahui apa fungsinya untuk tubuh dan bagi otot. Padahal suplemen jenis ini sangat penting dalam membangun otot.

Kali ini Reps akan mengulas mengenai nitric oxide, dari segi manfaat hingga bagaimana cara meningkatkan produksi nitric oxide yang telah diproduksi alami oleh tubuh.

Nitric Oxide dan Manfaatnya

Nitric oxide, yang juga disebut nitrogen oxide atau nitrogen minioxide adalah senyawa radikal bebas, namun berbeda dengan nitrous oxide (NOS) yang bersifat racun. Molekul nitric oxide dilambangkan dengan huruf NO dalam bentuk kimia. Jumlah nitric oxide dalam tubuh kita sangat banyak saat kita lahir, namun seiring berjalannya waktu, jumlahnya semakin sedikit. Untuk itu kita menambah asupannya dari luar tubuh.

Seperti yang dikutip dari beritasatu.com, Dr. Louis Ignarro, anggota Nutrition Advisory Broad Herbalife mengatakan, “Manusia memiliki level tertinggi nitric oxide di dalam tubuh ketika baru saja lahir. Segera setelah lahir, nitric oxide akan semakin berkurang”.

Meskipun nitrogen berbahaya bagi tubuh, namun dalam jumlah cukup senyawa jenis ini justru mampu melindungi organ tubuh, diantaranya melindungi hati dari penyempitan saluran pembuangan, juga manfaat yang sangat besar jika Anda mengkonsumsinya saat membangun otot.

Penggunaan nitric oxide untuk kesehatan tubuh ditemukan oleh Dr Robert F. Furchgott, Louis J. Ignarro and Ferid Murad yang mengidentifikasi peran nitric oxide sebagai molekul persinyalan dalam sistem kardiovaskular. Penemuan ini bahkan meraih penghargaan pada tahun 1998 lalu.

Cara Meningkatkan Nitric Oxide

Karena produksi nitric oxide dalam tubuh terbatas, untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari, Anda dapat meningkatkan produksi nitric oxide dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus buah bit. Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa sayuran hijau dan buah bit dapat meningkatkan produksi nitric oxide di dalam tubuh. Selain buah bit Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan selada.

Selain melalui sayuran hijau dan bit, Anda juga bisa melengkapi kebutuhan nitric oxide harian dengan mengkonsumsi suplemen. Dengan menggunakan suplemen, produksi nitric oxide alami dalam tubuh akan meningkat. Nitric Oxide juga mampu meningkatkan pertumbuhan otot karena melancarkan sirkulasi darah ke otot, mengencangkan otot, juga menambah konsentrasi. Suplemen nitric oxide lebih mudah diserap oleh usus sehingga efeknya lebih cepat dibandingkan dengan sayur-sayuran. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *