Cable Crunch is The Right Way

cable-crunch

Kelebihan latihan kabel adalah resitansi konstan terhadap otot yang dilatih, baik positif atau gerakan negatif Anda. Dengan latihan kabel Anda akan tetap merasakan resistansi pada otot yang ditargetkan sama dan merata, hal ini bisa meningkatkan intensitas dan tentunya merangsang pertumbuhan otot dengan maksimal.

Dengan berpegang pada prinsip berkesinambungan dan memanfaatkan sifat konstan pada kabel, maka kita bisa melakukan cable crunch dengan betul dan efektif, perhatikan eksekusinya:

Kneeling_Cable_Crunch

>> Berlutut menghadap mesin cable high pulley [A], pilih beban yang bisa Anda lakukan sebanyak 12 repetisi. Sebaiknya handle cable diganti berbentuk tali atau jika tidak ada bar pull down bisa juga dipakai.

>> Posisi berlutut, mesti memungkinkan Anda melakukan crunch atau posisi bersujud [B] dengan tubuh atas Anda bisa sejajar dengan tanah, jadi jangan terlalu dekat dengan rak beban atau terlalu jauh.

>> Pegang bar didepan kening, atau handle cable di depan kening Anda dengan 2 kepalan tangan menempel dikening Anda.

kneeling-cable-crunch

>> Lakukan Crunch dengan berkonsentrasi pada otot perut Anda, dan JAGA PINGGUL dan posisi paha tetap STATIS, jangan berayun-ayun, dan fokus otot perut yang menarik tubuh Anda ke bawah, lalu tekuklah ke dalam. Rasakan kontraksi semaksimal mungkin!

>> Tahan sebentar diposisi bawah [B] sebelum kembali ke posisi semula [A]. Ingat! Jangan langsung dilepas, tapi kembali ke posisi awal perlahan dan terkontrol, jaga posisi awal tetap agak menunduk sedikit, jadi resistansi di perut ada.

>> Posisi tangan didepan kening juga harus tetap statis jangan naik turun ikut menarik kabel. (Brahmantio P)

Lakukan 3 set masing-masing 12-15 repetisi.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *