Cara Melatih Otot Core yang Tidak Biasa

Anda mungkin telah melakukan plank dan sit up dan semua hal bagus yang direkomendasikan orang kepada Anda, tapi Anda belum melatih otot core Anda sampai benar-benar  melakukan gerakan ini. Sebagian besar dari kita tidak melakukan latihan core dengan cara yang benar termasuk saya sendiri karena jika melakukannya sangat sulit.

Saat melatih core kita harus menargetkan semua otot tersebut bekerja dengan baik dan kita bisa melakukan yang terbaik. Ini berarti menargetkan semua otot core yang dimulai dengan diafragma, pelvic floor, Tranverse Abdominis (TA), oblique internal / eksternal dan Rectus Abdominis (RA). Sayangnya kita sering hanya menargetkan RA superfisial (rectus abdominis) untuk memberi kita abs dipahat tapi itu hanya permukaan latihan core. Berikut adalah beberapa latihan pengembangan inti awal yang mungkin Anda manfaatkan seperti yang dikutip dari Myo Kinetics melalui akun Instagramnya.

Pertama adalah pernapasan diafragma, banyak dari kita yang tidak bernafas dengan benar sehingga menyebabkan diafragma tidak berfungsi seperti biasanya karena kurang digunakan. Untuk melatihnya Anda dapat berbaring di atas lantai dengan lutut sedikit ditekuk.

Tempatkan tangan di atas perut dan mulai menghirup dalam-dalam melalui hidung Anda, fokuskan pada pengembungan perut. Setelah itu hembuskan napas dengan kuat melalui mulut sembari kontraksikan otot core. Lakukan ini selama beberapa menit tapi hati-hati karena latihan ini dapat menyebabkan pusing. Jadi rasakanlah tubuh Anda.

Latihan berikutnya akan membantu Anda mengendalikan otot inti dalam, yang mungkin Anda sudah lupa cara menggunakannya.  Caranya lakukan vakum atau metode mengisap perut seakan Anda mencoba memindahkannya ke tulang belakang dan tahan selama mungkin. Latihan ini membantu mengaktifkan otot terdalam, yang digunakan untuk meningkatkan tekanan intra-abdomen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *