Cegah Penuaan dengan Kolagen

Mengapa kita membutuhkan kolagen? Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang dapat ditemukan kurang lebih 30% pada tubuh dan 70% pada kulit. Tidak hanya untuk melindungi kulit agar tetap kencang dan kenyal, kolagen juga membantu dalam pembentukan tulang, persendian, rambut, gigi, otot dan meningkatkan kekuatan di sebagian besar organ utama kita.

“Bagi sebagian wanita, penuaan menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling mengkhawatirkan. Seringkali kita tidak menyadari tanda-tanda penuaan yang muncul sehingga tidak bisa melakukan tindakan pencegahan maupun memperlambat prosesnya,” ujar dr. Fitria Amalia, Sp.KK.

Lebih lanjut dr. Fitria Amalia menerangkan bahwa kebutuhan harian kolagen untuk manusia di atas 20 tahun umumnya adalah 1.000mg hingga 5.000mg. Jika tingkat kolagen melebihi asupan normal, maka akan terbuang karena tubuh tidak akan bisa melakukan penyerapan.

“Jadi, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen alami seperti ikan, sayuran dan buah dengan kandungan vitamin C untuk memperlambat penuaan dini,” tutup dr. Fitria Amalia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *