Dandelion Tanaman Semak-Semak Sehat Penuh Manfaat

Anda yang memiliki halaman yang cukup luas pasti pernah melihat tanaman ini. Tanaman sejenis semak-semak dengan bunga warna kuning ini berasal dari Eropa dan Asia. Dandelion atau randa tapak adalah jenis rumput-rumputan yang dapat tumbuh di berbagai tempat, tergantung dimana benihnya jatuh terbang terbawa angin. Sesuai dengan filososi ketegarannya, bunga yang menjadi bola kapas saat sudah tua ini juga menjadi lambang keromantisan karena sangat indah saat mekar.

Meskipun sejenis dengan rumput-rumputan, dandelion memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, sehingga tak heran tumbuhan ini kini mulai dibudidayakan. Selain untuk menghias halaman, seluruh bagian dari tanaman dandelion memiliki manfaat. Berikut manfaat dandelion untuk kesehatan:

Menurunkan berat badan

Dandelion adalah salah satu diuretik alami yang disediakan oleh alam. Mengkonsumsi dandelion dapat meningkatkan produksi urin. Didalam urin manusia terdapat hingga 4% lemak, sehingga semakin banyak kita buang air kecil, semakin banyak lemak yang terbuang dari dalam tubuh. Jika banyak lemak yang terbuang, maka efeknya berat badan akan turun tanpa menimbulkan efek samping.

Meringankan diabetes

Untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes, dandelion dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan alami yaitu dengan mengkonsumsi jusnya. Cara kerja dandelion yaitu merangsang produksi insulin dari pankreas, sehingga menjaga gula darah tetap rendah. Dandelion yang merupakan diuretik alami dapat merangsang penderita diabetes untuk lebih sering buang air kecil, sehingga membantu membuang kelebihan gula dari dalam tubuh melalui urin. Selain itu dengan mengkonsumsi dandelion penderita diabetes juga dapat menjaga kesehatan ginjaldengan menghilangkan deposisi gula dalam ginjal.

Menyehatkan tulang

Selain diuretik alami, dandelion juga kaya akan kalsium sehingga baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang serta menjaga kekuatan tulang. Dandelion kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan Luteolin yang melindungi tulang dari kerusakan seiring bertambahnya usia yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga mengalami penurunan kepadatan.

Mencegah gangguan organ hati

Dandelion sering kali digunakan dalam mengobati gangguan hati. Biasanya bagian akar dan daunnya yang diramu menjadi obat. Akar dandelion yang memiliki rasa pahit mengandung levulin serta inulin yang sangat baik untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu dua kandungan tersebut juga mampu melancarkan aliran empedu ke hati. Akar dandelion juga mengandung choline yang baik untuk menjaga kesehatan organ hati.

Mengurangi resiko kanker

Penyebab utama kanker adalah radikal bebas, untuk itu dandelion yang tinggi antioksidan dapat menjadi salah satu alternatif pencegah kanker. Antioksidan yang terdiri dari vitamin-C dan Luteolin ini juga mampu mendetoxifikasi tubuh yang berefek melindungi tubuh dari perkembangan tumor dan berbagai jenis kanker. Luteolin bekerja meracuni komponen penting dari sel-sel kanker, mengikat mereka dan membuat mereka tidak aktif serta tidak bereproduksi. Hal ini terjadi pada penderita kanker prostat, walaupun belum ada penelitian pada kanker lainnya.

Menormalkan tekanan darah

Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan buang air kecil. Bahkan sebagian besar obat-oabatan menggunakan cara ini untuk mengatasi tekanan darah. Namun dandelion berbeda karena dandelion adalah diuretik alami langsung dari alam yang mampu meningkatkan frekuensi dan jumlah pembuangan urin, sehingga dipercaya dapat menormalkan tekanan darah. Dandelion juga mengandung serat yang sangat membantu dalam mengurangi kolesterol sehingga secara otomatis membantu dalam menurunkan tekanan darah. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *