Fitness First Indonesia Luncurkan Cycling Program Pro45 untuk Fitness First Criterium

ff3

Jakarta, 21 Oktober 2016 – Semakin tingginya minat olahraga sepeda seperti cycling di Indonesia, Fitness First Indonesia meluncurkan Get There: Cycling Program Pro45 to FF Criterium di Fitness First Platinum Senayan City, Jakarta pada Kamis, 20 Oktober 2016 kemarin. Program ini diluncurkan untuk para member dan non-member Fitness First untuk mendukung performa sepeda mereka dalam mengikuti berbagai kompetisi terutama ajang Fitness First Criterium pada Desember 2016 mendatang.

Julia Nurdin, Marketing Manager Fitness First Indonesia mengatakan, “Program ini secara khusus dirancang oleh tim ahli kami di Fitness First, dengan melihat fenomena perkembangan cycling di masyarakat Indonesia maupun di dalam club kami, di mana kelas sepeda merupakan salah satu kelas terpopuler. Melalui signature product kami, yaitu Pro45, kami ingin mengedukasi pasar akan pentingnya latihan indoor, untuk mendukung performa di outdoor. Selebihnya, kami juga ingin mengajak dan menantang mereka yang belum pernah terjun langsung bersepeda di outdoor, khususnya di Fitness First Criterium mendatang dengan berbagai training dan edukasi yang mencukupi.”

“Berbeda dengan sesi kelas sepeda lainnya yang berfokus untuk pembakaran lemak. Program Pro45 ini lebih berfokus untuk mendukung performa peserta dalam perlombaan, sehingga para peserta dapat mencapai performa terbaik dalam waktu tercepat dan terhindar dari crash,” tambah Julia.

ff4

Criterium sendiri adalah perlombaan sepeda yang terdiri atas beberapa putaran dengan jarak setiap putaran sekitar 1-2 Km yang biasanya memakan waktu lebih sedikit jika dibandingkan perlombaan sepeda lainnya. Untuk dapat mengikuti Criterium, dibutuhkan latihan khusus dikarenakan peserta butuh perpaduan technical skills yang baik untuk dapat mencapai performa yang memuaskan dan tetap menjaga keselamatan.

“Banyak penggiat cycling, baik dari komunitas maupun individu, seringkali terlibat dalam berbagai perlombaan besar bertaraf nasional bahkan internasional, seperti pada salah satu event perlombaan sepeda, JIExpo Criterium 2014 yang mencapai lebih dari 1.000 peserta,” ujar Helen Tan, cyclist wanita yang merupakan salah satu atlet Fitness First, yang juga tergabung dalam salah satu komunitas sepeda di Indonesia ini.

Awalnya, Fitness First memiliki kelas ProCycling dengan berdurasi 30 menit yang dikembangkan oleh Fitness First UK, bersama dengan World Champion dan Double Olympic Gold Medalist, Victoria Pendleton. Latihan tersebut merupakan perpaduan dari teknik dan rutinitas latihannya. Dalam hal ini, ProCycling cenderung lebih intens dengan waktu istirahat yang sedikit. Berbeda dengan ProCycling, Pro45 lebih berfokus pada ketahanan, tetapi tetap mempertahankan elemen kecepatan, tenaga, kekuatan, serta melatih teknik bersepeda.

Dalam rangka menghadapi Fitness First Criterium ini lah, program latihan 5 minggu ini diadakan mengombinasikan latihan indoor dan outdoor, seperti floor session, virtual training, SMR, Pro45, dan ProAthlon. Selain itu, program Pro45 menggabungkan tiga jenis kelas ProCycling yang masing-masing berdurasi 30 menit, yaitu Keirin (untuk membentuk ketahanan), Team Sprint (untuk membentuk tenaga), dan Individual Sprint (untuk melatih kecepatan), dengan fitur tambahan dari perlombaan di bagian akhir.Berdasarkan jenis latihan tersebut, berikut ini merupakan tipikal latihan Pro45 di Fitness First:

  • Gerakan pemanasan (1.5 menit)
  • Teknik (5 menit + transisi 45 detik)
  • Kecepatan (5 menit + transisi 45 detik)
  • Tenaga (5 menit + transisi 45 detik)
  • Ketahanan (8 menit + transisi 45 detik)
  • Kekuatan (5 menit)
  • Persiapan lomba (1.5 menit)
  • Perlombaan (rata-rata 3 – 4.5 menit)
  • Pendinginan (5 menit)

“Selain untuk alasan kesehatan, seperti menurunkan berat badan dan stress, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, serta dampak positif untuk otak, cycling juga baik untuk membangun relasi bisnis dengan para pebisnis kelas menengah atas,” tutup Julia. (Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.