ICE SKATING

Digimaz REPS November

Ice Skating atau olahraga seluncur diatas es memanglah sangat popular dan amat digandrungi bagi para pecintanya ataupun mereka yang hanya sekedar ingin menikmati keindahan seni berjalan di atas es. Olahraga ice skating juga dianggap sebagai seni olahraga ketangkasan yang sangat menyenangkan dan telah dikenal masyarakat dunia sejak 400 tahun lalu tepatnya di Finlandia Selatan. Semakin berkembangnya zaman, tuntutan ice skating pun mulai dikembangkan ke dalam 3 olahraga musim dingin yang berbeda, seperti diantaranya: Speed Skating, Figure Skating dan ice dancing.

Bila Anda ingin mencoba bermain ice skating atau Anda memang lah pemain pro, sebelum Anda meluncur diatas es sebaiknya lakukan terlebih dahulu gerakan-gerakan peregangan dan pemanasan yang berguna untuk meningkatkan stabilitas, fleksibiltas/kelenturan, ataupun kekuatan saat bermain, dan tentunya terhindar dari resiko cedera. Gerakan stretching dan warming up ini sangatlah efektif jika diterapkan sebelum Anda memulai meluncur bebas di area es ataupun salju yang dingin. Berikut tips latihan untuk meningkat flesibiltas hingga kekuatan otot-otot maupun persendian pada tubuh bagian tengah dan bawah khusunya.

FLEXIBILITY

Lying Knee Roll-over Stretch

1

Sebagai pendahuluan, Anda dapat melakukannya dengan berbaring sambil membentangkan kedua tangan. Kemudian tekuk kedua kaki lalu rebahkan tepat di posisi samping Anda secara bergantian, di posisi kiri maupun kanan. Rasakanlah kontraksi pada perut samping Anda selama 10 ketukan di setiap masing-masing sisi.

Kneeling Upper Hip & Quad Stretch

2

Gerakan berikutnya dilakukan agar area otot pada paha, betis, dan hamstring dapat bergerak secara lentur dan leluasa. Caranya dengan berlutut satu kaki dan lutut yang lain menopang keseimbangan dengan menapakannya dihadapan Anda. Jika diperlukan, berpeganglah pada sesuatu untuk menjaga keseimbangan Anda dan kemudian dorong pinggul ke depan. Lakukanlah selama 10 hitungan disetiap sisi.

Standing Toe-up Achilles Stretch

3a3b

Engsel telapak kaki merupakan bagian tubuh terpenting disaat Anda melangkah ataupun melakukan maneuver berbahaya lainnya. Membiasakan peregangan seperti ini dapat menarik peregangan pada otot betis hingga fleksibiltas sendi telapak kaki Anda, supaya tidak kaku ataupun terkilir saat digerakan, juga untuk menghindari kram. Injak dan tahan selama 10 detik pada masing-masing telapak kaki.

Standing side bend

4a4b4c

Berikutnya meregangkan area pinggang hingga kedua lengan Anda. Cara nya sangat mudah, eratkan kedua telapak tangan tepat diatas kepala secara lurus. Kemudian miringkan ke kiri dan kanan agar otot-otot tubuh bagian samping beserta bahu dan lengan dapat bergerak secara elastis. Khusunya saat mengayunkan kaki yang harus seirama dengan gerakan tangan.

Straddle Sit

5

Dan peregangan tubuh yang terakhir adalah straddle sit. Dimana manfaat dari peregangan ini diupayakan agar semua otot bagian kaki dan pinggul dapat dipastikan bergerak secara lentur, begitupula dengan struktur posterior chain Anda. Bentangkan kedua kaki secara melebar (spilt), setelah itu angkat tangan tangan Anda lurus ke atas. Selanjutnya telungkupkan tubuh Anda ke depan dan tahan sejenak selama 10 detik.

CORE EXERCISE

Alternating Leg Rowing

6

Memasuki gerakan inti berikutnya memang sengaja diupayakan untuk menguatkan beberapa otot bagian perut dalam dan tubuh bagian bawah. Untuk mengawalinya Anda cukup berbaring di atas matras, lalu mengangkat salah satu bagian kaki Anda dengan bergantian. Lakukanlah secara bergantian sebanyak 10 kali disetiap satu kaki.

 HIP Rolls

 7b 7a

Gerakan pemanasan berikut ini hampir mirip dengan peregangan sebelumnya. Namun, yang membedakan diantara keduanya adalah sikap serta pola kaki yang digerakan memutar ke samping kiri maupun kanan. Sebagai sikap awal, rebahkan tubuh Anda dengan kedua kaki diselonjorkan ke udara/ke atas. Lalu putar/turunkan ke arah samping kiri, kemudian tarik kembali ke tengah lalu turunkan kembali ke arah berlawanan, yaitu kanan. Lakukan sebanyak 10 reps.

Swimmer

8c 8b

Beranjak pada gerakan pemanasan terakhir yaitu swimmer. Latihan ini melatih kekuatan otot tubuh terutama bagian belakang, yang terdiri dari bahu, punggung, bokong, dan hamstring. Telungkupkan tubuh Anda di atas matras dan posisi kepala tetap menghadap ke matras/bawah. Luruskan sejajar kedua tangan maupun kaki. Sebagai permulaan angkatlah salah satu tangan maupun kaki Anda berselingan, kemudian tahan sejenak dan lalu turunkan kembali beralih pada sisi kaki maupun tangan berikutnya. Jika Anda mengangkat kaki kanan maka tangan kirilah yang harus Anda angkat begitu dengan selanjutnya. Lakukanlah secara bergantian dan berselingan sebanyak 10 reps.

Text: Alfian, Foto: Bimo, Model: Andri, Lokasi:SKYRINK_LOGOMall Taman Anggrek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.