Kuatkan Otot Kaki dengan Kettlebell

vion0

Oleh Fikry Hizbullah

Kaki di ibaratkan fondasi dalam sebuah bangunan. Memiliki otot kaki yang kuat akan menjaga keseimbangan tubuh serta melancarkan mobilitas Anda setiap hari.

Squat menjadi latihan primadona dalam melatih kekuatan otot kaki Anda. Dengan squat, bukan hanya kaki, melainkan keseluruhan tubuh Anda akan terlatih olehnya.

Banyaknya variasi latihan dalam squat, membuat latihan ini menjadi menyenangkan. Bahkan, Anda dapat menjajal gerakan ini ke tingkat lebih lanjut. Berikut ini ada beberapa gerakan yang dapat Anda masukkan ke dalam latihan Anda.

Latihan 1: The Swing

vion1

Meskipun terlihat mudah dalam melakukan gerakan ini, The Swing dapat menyita waktu Anda agak lama untuk mendapatkan gerakan ini dengan benar. The Swing merupakan latihan dengan intensitas yang tinggi sekaligus sebagai fondasi gerakan dasar kettlebell.

Untuk Reps Mania yang ingin dapatkan hasil yang maksimal, latihlah gerakan ini dengan benar. Semua itu akan terbayarkan!

Latihan 2: The Strict Press

vion2

Anda mungkin bertanya-tanya apa keuntungan menggunakan kettlebell dibandingkan dumbbell. Kettlebell lebih nyaman digenggam dan memiliki gerakan yang natural saat menekan. Selain itu, bentuk yang unik serta pegangan yang seimbang memungkinkan Reps Mania untuk bergerak secara alami.

Meskipun terlihat seperti sebuah gerakan overhead, namun itu bukan hanya latihan bahu, karena Anda menggunakan seluruh tubuh untuk menekan kekuatan secara maksimum.

Latihan 3: The Goblet Squat

vion3

Squat merupakan gerakan dasar dengan banyak variasi. The kettlebell goblet squat bukan saja sebuah gerakan yang melatih kaki, melainkan keseluruhan tubuh. Tidak ada yang menyangkal bahwa barbell squat adalah raja untuk melatih otot kaki.

Namun Anda bisa menambahkan gerakan ini untuk variasi latihan otot kaki Anda. ini merupakan salah satu gerakan kettlebel yang mudah Anda terapkan dalam menu latihan Anda.

Latihan 4: The Turkish Get-Up

vion4

Mulailah dengan berbaring di lantai, kemudian berdiri, lalu berbaring kembali dalam urutan tertentu dari transisi gerakan. Gerakan ini mengajarkan Anda untuk bergerak mulus, dan ketika Anda menambahkan beban (kettlebell), itu membutuhkan kekuatan, mobilitas, dan gerakan terampil.

Intinya adalah Turkish Get Up membantu Anda melatih kekuatan tubuh ke tingkat lebih lanjut.

Latihan 5: The Clean

vion5

Serupa dengan kettlebell swing, the clean merupakan gerakan eksplosif yang melatih otot tubuh secara keseluruhan. Memang butuh waktu untuk mengusai gerakan ini, namun jika sudah menguasainya, gerakan ini akan memicu tenaga Anda lebih tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *