Lower Body Stretch

DSC_4426

Satu hal yang terpenting bagi setiap wanita dalam berpenampilan adalah bentuk paha yang indah serta bentuk bokong yang kencang.

Bila Anda masih bingung, mengapa bila setiap berlatih otot kaki sering terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti keseleo, terkilir, ataupun kram. Jawabanya ada pada otot kaki anda yang sedang mengalami shock, akibat beban terlalu berat ataupun gerak yang dimainkan terlalu rumit, sehingga menyebabkan kondisi kontraksi otot dalam kondisi tidak siap. Jalan satu-satunya untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan lower body stretch. Berikut tips stretching untuk menghindari cedera saat melakukan latihan kaki :

Toe touches

DSC_4385 DSC_4387 DSC_4389 DSC_4390

Berdiri tegak dengan posisi kaki merapat dan kedua tangan dipinggang, lalu bungkukan badan anda ke depan seolah-olah kedua tangan tersebut akan meraih ujung kaki anda. Tahan selama 15 detik, kemudian lakukan kembali dengan posisi kaki selebar bahu.

Kneeling hip

DSC_4365 DSC_4366

Untuk mengawali peregangan ini, anda cukup berdiri sebagaimana anda melakukan lunges. Namun, untuk posisi kaki yang menekuk kebawah lebih menempel pada lantai serta kedua tangan tetap dipinggang. Selanjutnya majukan tubuh anda kearah depan dan rasakan kontraksi, tahan selama 15 detik. Lakukanlah secara berselingan.

All four quads

DSC_4368 DSC_4370

Membungkukan badan dengan posisi seperti merangkak, adalah posisi awal untuk melakukan peregangan selanjutnya. Lalu angkat salah satu bagian kaki dan kemudian pegang dengan sisi tangan yang sama. Rasakan kontraksi pada kedua bagian paha anda dan tahan selama 15 detik. Kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki satunya.

Thighs

DSC_4392 DSC_4393

Duduklah dengan posisi kedua kaki melipat kebelakang dan kedua telapak tangan menahan tubuh menengadah keatas. Selanjutnya busungkanlah paha serta bagian perut anda keatas, sehingga kontraksi pada otot quads akan terasa. Dan tahan 15 detik.

90/90 hamstring stretch

DSC_4373 DSC_4375

Berbaringlah diatas matras, lalu angkat salah satu kaki anda dengan posisi menekuk. Pegang hamstring anda dengan kedua tangan, dan kemudian luruskanlah kaki yang menekuk tadi keatas. Lakukanlah selama 15 detik dan bergantian dengan kaki satunya.

Selamat berlatih.

Teks: Alfian   Model: Aurora Lessa   Foto: Bimo   Lokasi: Grand Odiseus Fitness & Spa, Lumire Hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *