Rahasia Mat Fraser Raih Empat Kali Juara Dunia CrossFit

Berbicara siapa orang terkuat di dunia, mungkin pria ini bisa menjadi salah satunya. Dia adalah Mathew “Mat” Fraser, atlet CrossFit Profesional asal Amerika. Di usianya yang ke-29 tahun, Frasher berhasil meraih gelar juara dunia CrossFit untuk ke empat kalinya, setelah sebelumnya menjadi juara berturut-turut sejak tahun 2016.

Bagaimana dia bisa mendapat julukan orang terkuat di dunia adalah karena dengan tinggi badan hanya 170 cm dan berat 88 kg, ia mampu melakukan squat dengan beban hampir 220 kg, dan melakukan 50 kali pull up dalam satu gerakan. Tentu saja keberhasilannya ini ia dapatkan setelah melakukan latihan keras, disiplin, nutrisi yang baik, dan istirahat yang cukup.

Setiap pagi, Fraser bangun sekitar pukul 7.30 hingga 8.30 pagi. Kemudian makan sarapan berupa oatmeal, bacon, dan telur, bersama kopi hanya dalam waktu 2 menit. Setelah itu Fraser datang ke gym dan mulai berlatih untuk sesi pagi dari pukul 9.30 pagi, hingga jam 01.00 siang. Dalam satu sesi, latihannya tidak selalu sama, misalnya angkat berat, conditioning, kardio dan lain-lain. Dilanjutkan dengan makan siang, lalu disambung kembali hingga pukul 06.00 sore. Usai makan malam, Fraser beristirahat. Meregangkan tubuh di lantai sambil sekedar menonton televisi menunggu waktu tidur pukul 9.30 malam.

Bagi Fraser, sesi istirahat adalah yang paling penting untuk pemulihan, sehingga ia selalu membiasakan tidur malam selama 10 jam Jika jam tidurnya kurang dari 10 jam, esok hari kondisi tubuhnya tidak maksimal.

Perihal nutrisi, pria kelahiran tahun 1990 ini tidak melakukan diet yang terlalu ekstrim. Menurut Fraser, ia membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitasnya termasuk latihan yang dilakukan hampir seharian. Untuk itu ia hanya membatasi pola makannya dengan tidak mengonsumsi junk food, soda, dan mengurangi makanan kemasan. Kebanyakan yang ia konsumsi hanya daging, sayur, dan buah.

Berbicara soal keberhasilannya menjadi juara CrossFit dunia selama 4 kali berturut-turut, Fraser membagikan tekniknya dalam berlatih CrossFit, yakni luangkan waktu untuk mempelajarinya, kemudian lakukan moderasi. Suatu hal tidak mungkin dapat dikuasai hanya dengan dua tiga hari. Naikkan volume dengan perlahan dan konservatif. Jangan lupa lakukan diet sehat dan tetapkan jadwal istirahat yang baik untuk mendukung latihan. Yang terpenting hiduplah dalam lingkup ruang orang yang baik dan memberikan support untuk Anda. Bukan yang sebaliknya.

Setelah mencapai keberhasilannya sekarang, Fraser telah melakukan banyak kerja sama dengan merk-merk terkenal, seperti Nike, Rogue, TheraGun, serta Compex. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.