Full Body Workout atau Split Body Workout, Mana yang Terbaik?

 

 

Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan orang-orang tentang mana yang terbaik antara split training atau full body workout.

Jika Anda Google topik ini, Anda mungkin akan menemukan berbagai jawaban untuk kedua belah pihak mana yang lebih baik. Namun kebenarannya adalah semua itu TERGANTUNG!. Kedua program latihan tersebut merupakan strategi yang sangat valid dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini perincian yang dapat membantu memandu Anda pada keputusan:

Anda harus melakukan latihan seluruh tubuh (full body workout) jika:

Anda baru mulai untuk berolahraga

Bagi mereka yang baru berlatih atau baru kembali setelah istirahat yang sangat lama, latihan seluruh tubuh adalah yang terbaik. Daya tahan otot Anda rendah dan perlu dibangun kembali. Kebanyakan orang akan melihat hasilnya dalam 2-4 minggu pertama dengan hanya 1-2 latihan per kelompok otot.

Anda tidak konsisten dalam mengikuti rencana latihan

Jika Anda memulai dengan membagi bagian tubuh (Dada / Triceps satu hari, Kaki berikutnya, dll …) dan Anda mulai bolos latihan, Anda menempatkan diri pada risiko mengembangkan ketidakseimbangan otot karena tidak semua kelompok otot Anda latih secara bersamaan. Misalnya, jika Anda melatih dada setiap minggu tetapi lupa melatih punggung, Anda cenderung mengembangkan masalah postur yang dapat menyebabkan stagnasi dan bahkan cedera.

Mencari cara sederhana dan cepat untuk melatih seluruh tubuh setiap kali Anda berolahraga

Kebanyakan orang menyukai waktu yang efisien ketika di gym karena mereka memiliki rutinitas yang sibuk. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, maka sebaiknya melakukan program latihan full body workout setiap kali di gym. Ada banyak cara untuk melakukan latihan seluruh tubuh dan menyediakan banyak variasi bagi kebanyakan orang.

Hanya memiliki 2-3 hari per minggu untuk melakukan Latihan

Mirip dengan di atas jika Anda hanya memiliki 2 hingga 3 hari per minggu untuk melakukan latihan, maka full body workout adalah yang terbaik. Meskipun dimungkinkan untuk melakukan split bagian tubuh dalam 3 hari, akan lebih bermanfaat untuk melatih seluruh tubuh Anda 3 kali selama seminggu, bukan hanya sekali per minggu.

Anda harus melakukan split bagian tubuh jika:

Anda ingin berlatih 3-5 kali per minggu

Jika Anda senang mengangkat beban dan ingin melakukannya hampir setiap hari dalam seminggu. Membagi bagian tubuh adalah cara yang bagus untuk memecah kelompok otot selama 3-5 hari dan benar-benar fokus pada 1 atau 2 kelompok otot pada satu waktu.

Anda ingin fokus hanya pada beberapa kelompok otot setiap latihan

Setelah Anda berolahraga untuk sementara waktu, Anda dapat memutuskan bahwa kelompok otot Anda perlu lebih banyak perhatian yang hanya 1 latihan per sesi. Dalam latihan bagian tubuh terpisah, Anda akan melakukan latihan 2-6 per kelompok otot tergantung pada kelompok otot atau kelompok yang Anda latih.

Anda telah Latihan Secara Konsisten Selama Lebih Dari 3 Bulan

Jika Anda telah cukup konsisten selama 3 bulan (arti konsisten bekerja setidaknya 4-5 hari / minggu) maka Anda kemungkinan besar memiliki disiplin untuk mulai melakukan latihan bagian tubuh yang terpisah (split training). Sangat penting memiliki disiplin karena jika tidak, maka Anda berisiko lebih besar mengembangkan ketidakseimbangan otot dari latihan.

Seperti yang Anda baca, tidak ada yang benar atau salah dengan dua jenis latihan ini. Carilah program latihan yang memang sesuai dengan rutinitas harian Anda. Selamat berlatih Reps Mania!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.