Hal-hal penting soal nutrisi untuk tumbuh

itt-best-bodybuilding-pose-forums

Anda pasti menyukai dunia kebugaran dan atau binaraga. Berarti mestinya Anda sudah tahu bahwa latihan, nutrisi dan istirahat tidak bisa dipisahkan untuk keberhasilan suatu program pembentukan tubuh apapun tujuannya, apakah itu menambah otot, membuang lemak, atau muscle endurance atau untuk tujuan powerlifting alias memaksimalkan kekuatan otot. Fokus kita lewat tulisan singkat ini adalah bagaimana memaksimalkan nutrisi Anda beserta kesalahan-kesalahan yang umum dibuat oleh para binaragawan pemula.

Tujuan utama program pembentukan tubuh adalah meningkatkan massa otot tanpa lemak atau membuang lemak tanpa kehilangan otot, yang manapun yang Anda pilih tetap harus memperhatikan sisi simetri dan muskularitas jika Anda ingin kompetitif di binaraga sedangkan simetri dan lean body atau tubuh yang rendah lemak sangat diidamkan oleh orang pada umumnya baik pria dan wanita. Jadi coba perhatikan point-point penting dalam penyusunan program diet yang baik untuk menambah massa otot.

A. Menghitung kalori

counting-calories-to-lose-weight11Jangan salah, sebenarnya tidak ada yang salah dengan menghitung kalori yang masuk dan sumber kalori tersebut, yang salah adalah untuk sebagian besar orang menghitung kalori bukan hal favorit yang menyenangkan, tidak semua orang bersedia meluangkan waktu untuk menimbang-nimbang makanan dan melihat-lihat tabel untuk menentukan jumlah kalori yang mereka konsumsi. Akibatnya, cenderung orang malah memvonis “Ahh… binaraga cuma untuk atlet aja, orang awam yang sibuk kaya kita mana bisa makan kaya gitu.”

Nah, binaragawan PRO IFBB Shawn Ray mengatakan di salah satu videonya bahwa dia tidak pernah menghitung kalori baik saat off season ataupun pada massa diet, tapi siapa yang bisa membantah kualitas tubuh dan ototnya, dia menjadi atlet IFBB PRO yang paling konsisten prestasinya di ajang Olympia selama 1 dekade terakhir, dengan peringkat selalu 5 besar walau tidak pernah menjadi juara 1. Yang mestinya kita lakukan adalah mencatat atau mengingat apa yang kita makan dalam 1 hari, dan kemudian melakukan penyesuaian dari atau adjustment dari apa yang kita makan tersebut dengan rentang waktu 2 minggu.

Misalkan Anda menerapkan pola makan 5x sehari dengan menu: nasi + ayam, suplemen MRP, nasi + lean steak, sandwich tuna + susu nonfat, nasi + ayam. Selama 2 minggu, ternyata Anda tidak menambah massa otot padahal anda sudah mengikuti pola latihan dan intensitas yang benar serta istirahat cukup 8 jam sehari. Maka kesalahan ada di pola makan Anda itu (dan jujur 80% lebih kegagalan program pembentukan tubuh ada pada masalah diet dan nutrisi). Kalau menambah porsi makan tersebut maka terlalu kenyang, maka solusi yang lebih bijak adalah menambah 1x lagi porsi makan, atau 2x, dengan demikian supply nutrisi tetap stabil dan probabilitas anabolisme tetap tinggi, tambah 1 serving MRP lagi atau 1 porsi nasi + ayam lagi.

B. Bingung dengan program diet

tips-for-good-Bodybuilding-Diet-Plan

Tiap bulan biasanya Anda akan diperkenalkan pada program diet baru atau suplemen baru yang canggih atau langsing tanpa olahraga, dll. Padahal sebetulnya kunci keberhasilan Anda bukan pada program diet canggih. Tapi lebih pada konsistensi, motivasi dan disiplin Anda dalam latihan, istirahat dan NUTRISI.

Jadi kesimpulannya, susunlah program diet yang cocok untuk Anda. Dan bukan untuk teman Anda. Perhatikan prinsip makan anabolik, sering dan porsi kecil atau sedang dan perhatikan point A. Kombinasi tepat tersebut adalah kombinasi Makronutrien Karbohidrat dan Protein serta rendah lemak. Untuk menentukan sumber yang benar mudah saja, ambil daging sebagai sebagai sumber protein utama, baik itu sapi, ikan atau ayam, pilih daging yang lemaknya paling rendah dan kuliti ayamnya. Sumber karbohidrat yang bagus adalah karbohidrat kompleks yang mengandung serat, contoh: ubi, kentang, beras merah, roti gandum, pasta.

Lemak? Nggak usah pusing, selalu pilih makanan yang rendah lemak dan yakinlah Anda tidak akan kelebihan lemak, serta point penting lain, kurangi garam atau sodium, garam membuat Anda bloating atau menahan air, pipi nampak tembem, perut bengkak dan tubuh terasa berat tidak enak. Dan sekali lagi CATAT apa yang Anda makan. Fungsinya apa? Tentu untuk melakukan adjusment kalori yang masuk supaya Anda bisa maju.

C. Bijaksana menggunakan suplemen

best-protein-shake-for-muscle-gain1

Suplemen bukan penggantimakanan alami, Titik. Makanan alami mempunyai kelebihan utama terutama untuk membentuk otot karena sifatnya yang tercerna secara lambat dan bertahap sehingga mampu mensuplai tubuh Anda dengan asupan gizi secara konstan sehingga menjaga tubuh anda tetap anabolik dan berenergi.

Justru makanan alami adalah kunci utama tumbuhnya otot Anda. Sementara suplemen bagusnya Anda gunakan sebagai peningkat efektifitas program diet Anda. Seperti Creatine bisa meningkatkan efektifitas dan kualitas latihan Anda, Asam Amino bisa membalikkan proses katabolis segera sehabis latihan keras, Vitamin B6 membantu metabolisme lemak dan protein di tubuh Anda, ZMA bisa meningkatkan kualitas tidur dan rekuperasi Anda, dst.

Jadi ingat… makan yang benar dulu baru suplemen, suplemen MRP teknologi baru yang sifatnya mirip makanan alami bisa menjadi pengganti makanan Anda. Berdasarkan prioritas suplemen yang terpenting adalah PROTEIN – baru setelah itu suplemen-suplemen lain dapat anda beli jika ada dana. Ingat, tidak ada satu suplemen-suplemen pun yang bisa menggantikan pola makan dan gaya hidup sehat.

D. Menyiapkan makanan Anda lebih dahulu

diettogetripped

Seperti sudah saya sebutkan bahwa program pembentukan tubuh yang efektif tidak boleh dipisahkan antara latihan, diet dan istirahat. Dari sisi dietnya Anda harus menyisihkan waktu di pagi hari sebelumnya untuk menyiapkan apa-apa yang akan Anda konsumsi untuk hari berikutnya. Artinya program pembentukan tubuh yang efektif dan cepat dapat Anda capai jika Anda punya komitmen untuk menyiapkan makanan Anda sendiri, well bisa juga disiapkan oleh istri Anda.

Dengan prinsip menu seperti point B diatas. Tentu Anda bisa smart saat terpaksa harus ke restoran, tapi saya Cuma menekankan bahwa akan lebih cepat tubuh anda terbentuk, jika Anda punya komitmen menyiapkan makanan sendiri, Anda tidak akan sempat kelaparan atau tubuh anda kekurangan protein karena tidak ada ayam di laci meja kerja Anda.

Jadi perhatikan point-point tersebut diatas, dijamin Anda pasti tumbuh dan makin berotot. Jika Anda ingin membuang lemak prinsipnya sama saja seperti diatas, hanya saja komposisinya dibalik, protein tinggi dan karbohidrat rendah serta lemak rendah. (BP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.