Ingin Tubuh Atletik, Ini Jawabannya

Ingin memiliki tubuh yang atletik? Jawabannya adalah bukan hanya sekadar mengenai set dan repetisi saja. Untuk meningkatkan massa otot secara keseluruhan, Anda perlu meningkatkan bukan hanya kekuatan saja melainkan daya tahan, keseimbangan, ketangkasan dan fleksibilitas.

Berikut ini adalah serangkaian gerakan yang dapat Anda masukkan ke dalam program latihan Anda.

Burpee

Gerakan burpee dikembangkan oleh ahli fisiologi, Royal H. Burpee pada tahun 1930. Latihan ini telah teruji dapat membangun kekuatan sembari meningkatkan kardiovaskular Anda.

Melakukan gerakan ini sama saja dengan melatih seluruh bagian tubuh Anda mulai dari paha depan, glutes, betis, core, bahu dan dada. saat melakukan lompatan dari gerakan ini pastikan mendarat tepat di atas ujung kaki untuk menghindari cedera yang menyebabkan sakit pada lutut.

Box Jump

Box jump adalah gerakan untuk meningkatkan athleticism. Anda tidak memerlukan kotak atau platform yang sangat tinggi untuk menuai keuntungan besar. Mulailah dengan melompat hanya satu tangga. Kemudian tambahkan tinggi saat Anda menjadi lebih kuat (progressive overload).

Latihan ini menuai manfaat yang sama seperti burpee dengan target otot paha depan (quads), paha belakang (hamstring), glutes, betis, dan core.

The Walking Lunge

Jika kalian ingin melatih kedua bagian tubuh atas dan bawah, walking lunge adalah jawabannya. Memang tidak dapat disangkal bahwa squat adalah latihan terbaik untuk melatih otot kaki. Namun walking lunge cenderung lebih banyak untuk meningkatkan athleticism secara menyeluruh.

Pertama, mereka akan menguji keseimbangan dan ketangkasan saat Anda mentransfer berat badan dari langkah ke langkah. Kemudian gerakan ini meningkatkan kekuatan inti (core), karena otot ab akan berkontraksi saat Anda melakukan lunge untuk membantu menstabilkan berat badan di atas pusat keseimbangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *