Ini Dia Makanan Penambah Testoteron

Testosterone chemical structure formula

Oleh: Fikry Hizbullah

Jika wanita membutuhkan hormon estrogen dan progesteron, lain halnya dengan pria yang membutuhkan hormon testoteron.  Mengapa hormon testoteron begitu penting bagi para pria? karena hormon ini memiliki pengaruh terhadap libido, pembentukan massa otot, dan ketahanan tingkat energi.

Bagi para pelaku fitness, hormon ini begitu penting karena dapat membantu dalam pembentukan otot. Menurut penelitian yang dikutip dari alodokter.com, kadar hormon testosteron yang optimal berkisar 400-600 ng/dL.

Hormon ini meningkat selama masa pubertas dan mencapai puncaknya ketika laki-laki berusia sekitar 20 tahun. Setelah berusia 30 tahun ke atas, kadar hormon ini akan berkurang sekitar satu persen tiap tahunnya. Sementara itu, pada laki-laki yang berusia lebih dari 65 tahun, kadar hormon testosteron normal berkisar antara 300-450 ng/dL.

Namun Reps Mania tidak perlu cemas, karena ada beberapa cara untuk menambahkan kadar testoterone Anda dengan mengkomsumsi makanan berikut:

Tiram

Oyster-Festival-in-Knysna

Tiram dikenal sebagai makanan afrodisiak, tentunya hal tersebut mengacu kepada banyaknya kandungan zinc dan mineral di dalam Tiram yang berguna bagi tubuh untuk memproduksi testoteron.

Minyak zaitun

oil

Manfaat minyak zaitun sudah lama dikenal, terutama dalam hal kesehatan jantung. Bagi pria, mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur telah terbukti dapat menaikkan kadar testoteron di dalam tubuh.

Kacang

assortment of tasty nuts, close up

 

Jenis kacang apapun adalah sumber dari zinc, zat besi, dan protein yang semuanya itu diperlukan tubuh untuk memproduksi testoteron di dalam tubuh. Selain itu, Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kemiri dan kacang tanah dapat membantu Reps Mania meningkatkan atau mempertahankan hormon testosteron.  Hal tersebut karena kacang kaya akan berbagai mineral, vitamin dan senyawa lain yang digunakan tubuh untuk memproduksi hormon testoteron.

Salmon

_MG_9450_salmon_fillets_fresh_1

Salmon masuk ke dalam list makanan penambah testoterone  namun bukan karena lemak omega 3-nya (meskipun itu baik utuk kesehatan) melainkan karena kandungan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan sistem reproduksi laki-laki dan produksi testoteron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *