Ini Penyebab Otot Terasa Sakit Setelah Latihan Beban

Apakah Anda pernah merasakan sakit pada otot yang dilatih setelah latihan beban? Tentu saja pernah. Apalagi Anda pemula atau jarang melakukan olahraga. Namun apakah hal tersebut normal? Kali ini Reps akan membahas mengenai DOMS (delayed onsed muscle soreness). Apakah DOMS itu?

DOMS adalah rasa sakit atau tidak nyaman yang terjadi setelah melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas tinggi. Hal ini disebabkan oleh kerusakan jaringan otot setelah melakukan gerakan dan menimbulkan peradangan. Rasa nyeri ini timbul sebagai proses dari penyembuhan kerusakan jaringan otot. Proses ini terjadi 24 jam hingga 72 jam lamanya dan akan hilang setelah 3-5 hari berlatih.

DOMS biasanya terjadi setelah melakukan olahraga yang membuat otot memendek dan memanjang seperti downhill running, jogging, jumping, aerobic, juga yang paling sering adalah angkat beban. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda yang melakukan latihan tersebut, untuk menyediakan waktu untuk pemulihan otot setelah latihan.

Apakah DOMS berbahaya?

Ketika anda mengalami DOMS, tubuh akan merasa tidak nyaman saat bergerak. Namun jangan khawatir, pada dasarnya DOMS tidak berbahaya. Bahkan tidak membutuhkan penanganan medis. 

Jika DOMS mengganggu aktivitas, Anda dapat mengompres bagian yang sakit dengan es, memijatnya, mengkonsumsi pereda rasa sakit, atau suplemen yang mempercepat recovery otot. Namun bila terjadi pembengkakan dan rasa sakit tidak kunjung berhenti, maka disarankam untuk memeriksakannya ke dokter.

Cara mencegah terjadinya DOMS

  1. Jika ingin melakukan rutinitas olahraga baru atau menambah intensitas latihan, lakukan dengan perlahan dari intensitas yang rendah terlebih dahulu. Berikan waktu pada otot untuk beradaptasi dengan stres yang akan di hadapinya. Hal ini dapat meringankan gejala DOMS setelah latihan.
  2. Jangan terlalu memaksakan diri dalam berolahraga. Misalnya, menambah jumlah beban yang akan diangkat dengan ekstrim.
  3. Lakukan pemanasan dan pendinginan yang cukup sebelum dan setelah berolahraga agar otot lebih siap menerima tekanan yang dapat menyebabkan kerusakan otot.
  4. Lakukan peregangan agar struktur jaringan lunak yang pendek akan memanjang, sehingga meningkatkan luas gerak sendi.
  5. Konsumsi air dan nutrisi yang cukup setelah latihan.
  6. Istirahat setelah olahraga.

(Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.