Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan 6 Cara Ini

Oleh Fikry Hizbullah

Paru-paru adalah bagian penting dalam sistem tubuh manusia. Tanpa itu, proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh kita akan terhambat. Sementara itu, banyak yang masih sangat prihatin dengan kondisi paru-paru mereka, seperti menghabiskan rokok satu bungkus setiap harinya.

Memiliki kondisi paru-paru yang parah tentu bukanlah situasi yang diinginkan semua orang. Jadi jika Anda ingin mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, berikut adalah cara untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda:

Berhenti Merokok

Salah satu cara yang paling brutal untuk menghancurkan paru-paru Anda adalah dengan merokok. Cara ini akan mengirim seseorang lebih cepat untuk dirawat di rumah sakit jika tidak segera berhenti. Bahkan jika dilakukan secara teratur, Reps Mania mungkin akan mengirim diri sendiri ke kuburan Anda karena ini bisa menyebabkan kanker paru-paru, bronkitis, emfisema, dan sejenisnya. Jika Anda tidak merokok, Anda masih berisiko bekas merokok, jadi waspada dengan menggunakan masker wajah, sapu tangan, atau tangan Anda untuk menutupi hidung atau mulut setiap kali seseorang merokok di dekat Anda.

Hindari Polusi Udara

Jangan tinggal di daerah di mana terdapat banyak polusi. Tetapi jika Anda tidak dapat melakukannya, cara untuk menguranginya adalah dengan menutup jendela, menutup hidung ketika Anda berada di luar, atau memasang penyegar udara yang mengurangi polusi.

Olahraga

Berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan cara ini, paru-paru Anda menjadi lebih kuat dan lebih efisien dalam mengambil oksigen. Semakin Anda fit, semakin mudah bagi paru-paru Anda untuk memasok oksigen yang dibutuhkan tubuh Anda.

Makan Makanan Sehat

Makan yang benar tidak hanya akan menguntungkan bagi paru-paru Anda, tetapi juga menguntungkan untuk seluruh sistem tubuh. Dan ada jenis makanan tertentu yang baik untuk paru-paru Anda. sayuran seperti arugula, brokoli, kubis, dan kale dikenal untuk mencegah kanker paru-paru jika dimakan secara teratur.

Uji Gas Radon

Radon adalah gas alam yang dapat menyebabkan kanker paru-paru, dan dapat merembes melalui celah-celah di dinding atau lantai. Hal ini tidak dapat dilihat, berbau, atau terasa, oleh panca indera manusia sehingga sebelum Anda menetap di suatu lingkungan sebaiknya melakukan uji Radon terlebih dahulu.

Meningkatkan Suasana Indoor

Rumah Anda mungkin terlihat tidak berbahaya paru-paru Anda sekarang, tapi melakukan ekstra perlindungan berlebih tentu tidak ada salahnya. Untuk meningkatkan ruang hidup Anda, setidaknya memiliki satu atau dua tanaman hias di dalam. Tanaman tidak hanya akan mempercantik sebuah ruangan, tetapi juga bertindak sebagai pembersih udara alami. Anda dapat menggunakan tanaman indoor seperti Aloe Vera, Bamboo Palm, Dracaena, English Ivy, Fern, Perdamaian Lily, Spider Plant, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *