Kelapa, 1001 manfaat buah serba guna

coconut_tree

Tanaman serbaguna ini mulai dari puncak daun tertinggi hingga bagian akarnya, dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan. Seperti apa potensi serta khasiat tumbuhan yang satu ini?

Jenis tumbuhan yang dapat tumbuh mencapai ketinggian hingga 30 meter dari permukaan tanah ini berasal dari keluarga Arecaceae. Kelapa ini biasanya tumbuh di pinggir pantai. Pohon ini, terutama oleh masyarakat tropis dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Beberapa pemanfaatan kelapa:

Daun; Setelah dikeringkan, daun kelapa biasanya dijadikan atap rumah bagi masyarakat didaerah tertentu. Sementara daun kelapa yang masih muda (janur) seringkali dipakai sebagai hiasan dan bahan anyaman. Tangkai daun (lidi) yang telah dikeringkan pun bisa diolah menjadi sapu yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Tandan bunga; Dipakai untuk hiasan dalam upacara perkawinan. Bunga betinanya “bluluk” dapat dimakan, dan air nira yang keluar dari tangkai bunga pun bisa diolah menjadi minuman menyegarkan, bahkan dapat difermentasi menjadi tuak.

Buah; Sabut kelapa dapat menjadi bahan bakar (arang), dan bisa manjadi media tanam untuk anggrek. Batoknya bisa menjadi gayung, arang, dan bisa diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan. Daging buah dan airnya tentu Anda sudah mengenalnya dalam berbagai bentuk makanan serta minuman yang lezat.

Batang; Bisa dipakai sebagai papan untuk rumah, jembatan, dan berbagai keperluan lainnya.

Akar; Setelah dibersihkan dan dikeringkan dapat menjadi bahan bakar (arang). Akar kelapa juga menginspirasi para peneliti menemukan teknologi penyangga bangunan yang dikenal dengan ‘cakar ayam’, seperti di Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Kelapa Muda

kelapa-20110801122849-9371

Sejak dahulu kala, air kelapa muda dipercaya mampu membawa banyak mnafaat bagi kesehatan tubuh. Ibu yang sedang hamil pun seringkali disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa muda agar membuat bayi yang di dalam perutnya mempunyai kulit putih dan bersih. Terlepas dari segala mitos yang beredar di masyarakat luas, air kelapa ternyata dapat mengobati bermacam-macam penyakit.

Keletihan

Siapkan kelapa muda hijau, kemudian campurkan air kelapa muda tersebut dengan sedikit gula dan es batu supaya lebih menyegarkan.

Demam berdarah

Pada pasien demam berdarah, secara rutin berikanlah air kelapa muda hijau yang diampur dengan perasan air jeruk nipis.

Penyakit kulit

Ambil segenggam beras, lalu selama 5-7 jam rendamlah beras tersebut dalam air kelapa muda yang masih dalam tempurung hingga beras terasa asam. Kemudian hancurkan beras tersebut hingga menjadi serbuk halus, dan oleskan pada bagian tubuh yang gatal, luka, atau bisa pula untuk telapak tangan dan kaki yang kasar. Oleskan rutin setiap hari selama 3-4 hari dan perhatikan perubahan pada kulit Anda.

Luka bakar

Siapkan air kelapa, air kapur sirih secukupnya, dan sejumput kunyit bubuk. Campurkan ketiga bahan-bahan tersebut, dan secara teratur oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

Kelapa Kopyor

es_kopyor

Endapan daging buah kelapa beserta cairan yang melekat pada dinding dalam batok, merupakan sumber penyegar yang sangat populer di berbagai lapisan masyarakat baik perkotaan maupun pedesaan. Daging buah muda yang lunak dan mempunyai warna putih ini biasanya menjadi bahan pelengkap minuman ‘es kelapa muda’. Aneka enzim yang terkandung dalam cairan ini mempunyai khasiat penetral racun, serta memberi efek menyegarkan dan menenangkan.

Beberapa buah kelapa bermutasi genetik, sehingga endapan daging buahnya menjadi tidak menempel pada dinding batok, melainkan tercampur dengan air kelapa. Inilah yang lazim dikenal masyarakat luas sebagai kopyor.

Merupakan buah kelapa yang mempunyai kelainan genetik, ketika dibelah kelapa kopyor mempunyai ciri khas air kelapa yang sedikit, daging buah yang sangat lunak dan atau terlepas dari tempurungnya, serta memiliki aroma khas dan berbeda dari buah kelapa kebanyakan. Kelapa kopyor dapat diketahui dengan cara mendengarkan buah kelapa yang digoyang-goyangkan. Bila terdengar suara seperti pasir (bukan suara air), hampir dapat dipastikan bahwa kelapa tersebut merupakan kelapa jenis kopyor. [NZL/Berbagai sumber]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.