Kembali membangun otot setelah beristirahat

Back in Black

Ada saatnya Anda merasa ingin beristirahat sementara dari rutinitas membangun otot Anda. Entah dengan alasan cedera, kurangnya motivasi dan lain-lain. Namun suatu saat ketika Anda kembali ingin membangun otot, Anda merasa ragu apakah tubuh dan otot Anda akan kembali seperti semula?

Kali ini Reps akan memberikan tips untuk membangun otot setelah lama beristirahat dari gym, diantaranya:

Konsekuensi

comeback 3

Pada dasarnya beristirahat dalam waktu yang lama dapat memiliki dampak negatif dalam tubuh Anda. Karena jika Anda tidak merangsang otot Anda dalam waktu tertentu, kondisi otot akan semakin melemah. Namun kembali tergantung dari lamanya Anda beristirahat.

Bila Anda hanya istirahat selama seminggu saja, maka hal tersebut tidak memiliki banyak pengaruh bagi otot Anda. Bahkan beristirahat beberapa waktu dapat bermanfaat bagi otot Anda karena membantu pemulihan serat-serat otot yang robek akibat hipertrofi. Untuk memulainya lagi Anda tinggal lakukan latihan seperti biasa yang Anda lakukan.

Anda juga tidak perlu khawatir jika istirahat Anda berlangsung selama beberapa minggu. Karena mungkin otot yang Anda miliki akan basah (tidak sekering saat Anda berlatih setiap hari) dan tertutup oleh lemak bila Anda juga mengistirahatkan diet Anda.

Beda halnya bila Anda beristirahat selama berbulan-bulan atau lebih lama dari itu, maka kondisi otot Anda akan melemah. Mungkin Anda akan kehilangan volumenya bahkan lebih buruk lagi, tubuh Anda akan lupa bagaimana melakukan latihan. Kabar baiknya jika Anda sudah lama berlatih beban, proses kehilangan otot akan berjalan lambat.

Bila Anda beristirahat disebabkan oleh cedera yang melumpuhkan tubuh Anda, otot Anda akan melemah lebih cepat daripada saat Anda mampu bergerak.

Bagaimana untuk membatasi kelemahan otot

comeback 2

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa kasus melemahnya otot tergantung pada alasan Anda beristirahat. Tetapi jika Anda masih melakukan kebiasaan sehat, Anda dapat mencegah terjadinya kelemahan otot. Misalnya dengan tetap menjaga konsumsi makanan sehat dan mengurangi konsumsi karbohidrat selama Anda tidak aktif latihan. Anda dapat menggantinya dengan kalori dan protein untuk tetap menjaga kekuatan otot Anda.

Selain asupan makanan, Anda dapat merangsang otot-otot Anda dengan kegiatan olahraga lain atau menggantinya dengan aktivitas fisik lainnya. Jika Anda mengalami cedera, Anda masih dapat menyiasati agar otot Anda tetap terjaga, yaitu bila Anda mengalami cedera dibagian tangan, Anda dapat melatih otot kaki Anda. Namun ingat satu hal, jangan memaksakan diri untuk latihan dan biarkan tubuh Anda beristirahat agar cedera Anda dapat pulih dengan cepat.

Berniat akan kembali berlatih lagi di gym

Untuk kembali lagi memulai latihan setelah Anda beristirahat cukup lama adalah berlatih dengan beban yang ringan dan intensitas rendah terlebih dahulu, agar otot dapat menyesuaikan dan cedera tidak kembali terjadi. Selain itu Anda perlu tahu bahwa otot yang melemah karena beristirahat lebih mudah dibangun kembali ketimbang Anda memulai membentuk otot dari awal. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *