Kembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan secara natural

Pregnant-Heart

Oleh: Dr. Nita A. Purnomo

Setelah melahirkan, seorang ibu harus mulai bertanggung jawab terhadap perawatan bayi dan dirinya sendiri. Sangat dianjurkan untuk beristirahat selama beberapa minggu pertama setelah melahirkan.

Dalam upaya untuk menurunkan berat badan, sebelum melakukan olahraga berat, Anda harus meminta saran dokter terlebih dahulu. Bila tidak mengalami masalah apapun saat melahirkan, Anda dapat melakukan olahraga secara teratur sesuai jadwal. Kendati belum mampu mengikuti aerobik selama 1 jam nonstop seperti sebelum melahirkan, Anda dapat melakukannya selama 15-20 menit dan mengulanginya sebanyak 3-4 kali lagi dan diselingi dengan istirahat.

Banyak ahli yang menganjurkan agar ibu melakukan latihan menguatkan otot-otot dalam minggu-minggu pertama setelah melahirkan, terutama 25 set dari Kegels yang dapat dilakukan dimana saja, bahkan saat Anda masih terbaring di rumah sakit. Caranya dengan mengencangkan otot-otot yang mengelilingi vagina dan anus selama 8-10 detik, lalu lepaskan secara perlahan dan istirahat beberapa detik. Latihan ini jangan dipaksakan, karena jaringan didalam tubuh Anda masih dalam keadaan relaksasi (mengendur), dan sendi-sendi juga belum stabil. Jangan Anda lupa untuk banyak minum selama dan setelah melakukan latihan.

Bagi ibu-ibu yang merasa dirinya tidak cantik lagi setelah melahirkan, dapat menggunakan kosmetika. Jika kulit Anda terasa berminyak/kering, bersihkan dan oleskan pelembab khusus setiap hari. Apabila Anda mengalami kerontokan rambut dalam minggu pertama setelah melahirkan, janganlah panik, ini merupakan akibat dari perubahan hormon tubuh. Atasi dengan cara pergilah kesalon kecantikan dan potong rambut menjadi pendek, untuk mengurangi kerontokan. Setelah bayi berusia 1 tahun, biasanya rambut Anda akan kembali seperti semula.

Senam pasca melahirkan

Baby.Yoga_.croppedAda beberapa jenis senam yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan kembali otot-otot tubuh setelah melahirkan, salah satunya;

Senam kegels

Anda mungkin tidak begitu bisa merasakan “bagian bawah” sesaat setelah melahirkan. Untuk mengencangkan otot-otot panggul, usahakan sering latih mengkontraksikan otot dasar panggul saat menarik nafas, Anda akan merasakan adanya kemajuan. Rahim Anda mulai berkontraksi dan kembali ke ukuran semula dan vaginapun menjadi kencang kembali. Caranya: kontrol aliran urine (air seni) pada saat Anda buang air kecil. Hentikan/tahanlah aliran urine selama beberapa saat, lalu lepaskan kembali. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang setiap kali Anda buang air kecil. Yang berfungsi menghentikan aliran urine itu adalah gabungan dari kerja otot dasar panggul.

Mengencangkan otot perut

Selain melahirkan, mungkin Anda akan banyak memiliki kantong lemak dibagian perut. Jangan putus asa, dengan melakukan kontraksi 150 metrik berikut ini, perut Anda akan segera kencang kembali. Caranya; dalam posisi tidur telentang, ambil nafas panjang. Saat membuang nafas, tariklah perut kearah dalam untuk mengencangkan otot-otot perut Anda. Tahan keadaan seperti itu sampai hitungan ke-4, kemudian lepaskan sambil membuang nafas. Ulangi sampai 8 kali dan berlatihlah selama 2 minggu. Setelah minggu ke-2 (bila melahirkan secara normal) atau minggu ke-4 (bila melahirkan dengan operasi sesar), Anda dapat mengkombinasikannya dengan sit-up.

Mengencangkan otot bokong

Caranya yaitu; Posisi tidur telentang, tarik nafas dalam, saat membuang nafas, kencangkan kedua sisi bokong secara bersamaan, sekuat mungkin. Tahan keadaan itu sampai hitungan ke-4 lalu lepaskan saat membuang nafas. Ulangi gerakan yang sama sebanyak 8 kali. Latihan ini sebaiknya dilakukan selama 2 minggu. Setelah minggu ke-2, bisa dimodifikasi dengan posisi jongkok dan setengah duduk supaya otot bokong menjadi lebih kencang.

Semua latihan di atas dapat dilakukan segera setelah melahirkan. Pada saat kekuatan sudah pulih dan sudah merasa siap, Anda dapat menambahkan beberapa gerakan yang lebih berat untuk mempercepat pulihnya bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan. Mulailah secara perlahan dan tambahkan intensitas tiap gerakan secara perlahan. Ingatlah, butuh waktu 9 bulan untuk mendapatkan bentuk tubuh ibu hamil (dengan hadiah seorang bayi), mungkin Anda akan membutuhkan waktu 9-12 bulan atau lebih untuk mengembalikannya ke bentuk semula. Jadi semakin dini Anda mulai berlatih, semakin cepat tubuh Anda akan kembali ke keadaan seperti sebelum melahirkan.

Tuntas hilangkan selulit

fd5cafd31e016d1d_belly-fat.jpg.xxxlargeSembilan dari sepuluh wanita memiliki selulit dan kenyataannya cukup sulit dilenyapkan. Selulit terjadi akibat banyaknya timbunan lemak lunak, bahan-bahan sisa pembuangan dan racun dibawah kulit. Timbunan ini membuat saluran getah bening tak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya timbul pembengkakan pada kulit. Permukaan kulit tampak bergelombang, mirip seperti kulit jeruk. Bahkan bila kulit yang terkena selulit cukup luas sekilas mirip dengan kasur matras, sehingga disebut Fenomena Mattras.

Penyebab utama timbulnya selulit adalah faktor hormonal yang berdampak pada penimbunan cairan di dalam jaringan. Pada wanita jaringan dibagian perut bawah dan panggul sangatlah longgar, membuat lemak lebih mudah menyusup ke dalam jaringan tersebut. Itulah mengapa selulit umumnya timbul di daerah paha, pinggang, bokong, perut atau lengan bagian atas. Selulit juga lebih banyak mengenai wanita karena kulit wanita lebih tipis dan kurang elastis serta memiliki kandungan lemak yang lebih banyak.

Test selulit

Selulit bisa dibedakan berdasarkan tingkat “keparahannya”, kira-kira Anda termasuk dalam kelompok yang mana?

Stadium 1

Dengan test cubit agak keras sudah mulai terlihat permukaan kulit yang bergelombang mirip kulit jeruk.

Stadium 2

Meskipun permukaan kulit masih rata pada posisi berbaring, namun pada posisi berdiri sudah terlihat adanya Fenomena Mattras.

Stadium 3

Sudah memperlihatkan Fenomena Mattras baik pada posisi berdiri maupun berbaring, warna kulit juga pucat, kering dan terasa dingin.

Bisa dihilangkan, asal….

Tip-Atasi-Selulit

Dapatkah selulit dihilangkan? Jawabannya, mungkin saja. Diet yang tepat, olahraga yang teratur serta perawatan kulit adalah cara yang umumnya dilakukan untuk mengatasi selulit. Tapi perlu diingat, bahwa menghancurkan selulit bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan dalam semalam, karena penyebab selulit sangatlah kompleks.

Diet yang cocok

Walau tidak ada satu jenis makanan atau diet yang dapat mencegah atau menghilangkan selulit, tetapi pola makan seimbang rendah lemak dapat membantu Anda mengatur berat badan dan menghindarkan bertumpuknya lemak di tubuh. Caranya sebagai berikut:

  1. Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak, gula dan alkohol untuk menurunkan total lemak tubuh. Begitu juga dengan garam dan kafein. Makanlah dalam porsi kecil, dengan frekuensi yang teratur untuk mempertahankan energi.
  2. Bila ingin menurunkan berat badan, berkonsultasilah dengan ahli diet.
  3. Seimbang dan variasi adalah pola makan paling ampuh melawan selulit. Makanlah berbagai jenis sayuran dan gandum.
  4. Minum minimal 8 gelas perhari untuk membantu kerja sistem limpatik.
  5. Asam lemak Omega 3 yang banyak terdapat pada ikan salmon, tuna dan kacang-kacangan membantu tubuh membakar lemak. Begitu juga dengan lechitin yang terdapat pada kacang kedelai dan kuning telur.

Olahraga apa ya…?

4ef02ae19a9091

Tidak ada satu bentuk olahraga apapun yang secara spesifik ditujukan untuk menghancurkan selulit. Namun yang jelas olahraga meningkatkan metabolisme tubuh, membuat lemak daerah subkutis (tempat bermukimnya lemak) berkurang, sehingga lapisan dermis yang terdapat diatasnya jadi lebih longgar. Sehingga pembuluh darah yang semula terhimpit jadi lebih lebar dan sirkulasi cairan pada dermis menjadi lancar.

Latihan apapun yang meningkatkan detak jantung seperti jalan dan lari dapat membantu “mendorong” sirkulasi dan membakar lemak. Lebih baik lagi bila Anda menggabungkan aerobik dengan laithan kekuatan yang berfokus pada tubuh bagian bawah.

Perawatan kulit

Beberapa metode perawatan kulit yang dapat Anda lakukan diantaranya:

>> Massage dan ozonated steam sauna

Jangan mengharapkan hasil instant, tapi kombinasikan Massage dan Ozonated Steam Sauna dengan diet yang disertai olahraga. Massage bertujuan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi jumlah cairan pada dermis. Sedangkan Ozonated Steam Sauna untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah sekaligus mengencangkan tubuh. Mengakibatkan impulse ke pembuluh darah, mengeluarkan racun dan merangsang pembuluh darah jadi lebih lebar. Diperlukan 10-15 kali treatment untuk dapat melihat hasilnya, setelah itu bisa dilakukan sebulan sekali.

>> Krim Anti-Selulit

Tips-Jitu-Mengatasi-Selulit-pada-Kulit-Badan

Benarkah manjur…? mungkin saja, tapi umumnya krim anti selulit hanya menyentuh daerah permukaan kulit saja, bukan lemak yang berada di bawahnya. Kulit memiliki kapasitas tertentu untuk meresapkan bahan. Biasanya pengolesan krim anti selulit dilakukan dalam waktu beberapa minggu, disertai dengan pemijatan untuk memperbaiki pembuluh darah yang terhambat dan meningkatkan absorbsi zat yang terkandung dalam krim tersebut.

>> Kapsul Anti-Selulit

Kapsul pil atau suplemen untuk menghilangkan selulit sangat tergantung dari kandungan didalamnya. Beberapa jenis herbal yang sering digunakan sebagai pil anti selulit diantaranya lidah buaya (Aloe Vera), Ginkgo Biloba, Ekstrak Biji Anggur, Ekstrak Rumput Laut, tapi karena supplement harus dimiliki maka banyak faktor yang bisa mempengaruhi efektifitasnya seperti asam lambung dan enzim. Jika penyerapan tubuh kurang bagus, maka zat-zat tersebut tidak akan terserap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *