Kenali Sumber Protein Yang Baik Untuk Tubuh

Protein adalah salah satu kebutuhan makronutrien yang sangat penting bagi tubuh, terutama saat Anda sedang membangun otot. Selain mempercepat recovery otot, mengkonsumsi protein saat diet mampu membantu membangun dan mendorong metabolisme Anda dengan asam amino yang terkandung di dalam makanan-makan berprotein.

Banyak sekali makanan berprotein yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Namun perlu diingat, bahwa beberapa diantaranya mengandung lemak jenuh yang justru mengganggu kesehatan. Untuk itu Anda perlu menggali lebih dalam informasi seputar manakah protein bersih yang baik dikonsumsi oleh tubuh, terutama saat diet dan membangun otot.

Berikut tips memilih protein bebas lemak;

Pilihlah bagian dada pada unggas

Unggas adalah salah satu sumber protein yang sering di konsumsi, seperti ayam, kalkun, dll. Untuk mendapatkan protein tanpa lemak, Anda dapat mengkonsumsi bagian dada. Hindari mengkonsumsi bagian paha dan sayap karena meskipun mengandung banyak protein, bagian ini juga mengandung banyak lemak.

Hindari konsumsi kulit

Kulit unggas, khususnya ayam memang sangat lezat. Apalagi jika Anda mengolahnya dengan cara di goreng. Namun bagian ini juga mengandung lemak yang cukup banyak karena cadangan lemak tersimpan di bawah kulit. Bagi Anda yang menurunkan berat, sebaiknya Anda menghindari konsumsi ini.

Konsumsi Bagian Sirloin dan Tenderloin

Selain unggas, Anda bisa mengkonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan protein Anda, diantaranya sapi, babi dll. Namun untuk memilih daging dengan kualitas terbaik, konsumsilah bagian sirloin atau tenderloin. Karena dua bagian tersebut mengandung sedikit lemak.

Jangan lupa protein nabati

Jika Anda bosan mengkonsumsi protein hewani setiap hari, Anda boleh menyelinginya dengan protein nabati yang di dapat dari tumbuhan. Meskipun kandungan proteinnya tidak lebih banyak dari protein hewani, protein nabati tidak mengandung lemak. Anda bisa mendapatkan protein nabati dari tahu, edamame, kacang-kacangan, gandum, susu kedelai dan plant protein supplement.

Sedikit Kaki Lebih Baik

Sebenarnya ini bukan suatu aturan yang harus dipatuhi, namun faktanya hewan yang memiliki kaki lebih sedikit memiliki protein yang lebih bersih dibandingkan dengan hewan yang berkaki banyak. Kita ambil contoh dengan sapi dan babi yang memiliki kadar lemak lebih banyak dibandingkan dengan ayam.

Namun kembali lagi aturan tersebut belum tentu benar. Udang dan gurita yang memiliki kaki banyak bahkan memiliki kadar lemak yang sedikit. Lalu rusa dan bison yang sama seperti babi dan sapi juga memiliki lemak yang sedikit. Juga kumbang yang memiliki enam kaki yang merupakan salah satu sumber protein paling bersih di muka bumi.

Catatan: Untuk mendapatkan kualitas makanan protein tanpa lemak, hindari memasak dengan cara digoreng karena minyak yang digunakan mengandung lemak. Masaklah daging dengan cara dipanggang atau ditumis dengan minyak zaitun. (Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *